Tips Agar Cepat Tidur

Jika anda mengalami susah tidur, ini dia tips agar cepat tidur. Tidur nyenyak di malam hari sangat penting. Mungkin ada dari kalian yang sulit tidur. Dan memang sangat menjengkelkan bila sudah larut malam kita masih juga susah untuk tidur padahal besoknya harus berangkat pagi-pagi kerja. Sedangkan istirahat atau tidur di malam hari itu sangat penting untuk kesehatan dan ke segaran di keesokan harinya.

Tips cepat tidur

Kurangnya tidur di malam hari dapat menggangu kesehatan tubuh kita. Menurunnya daya pikir juga meningkatkan resiko penyakit strok, serangan jantung dan darah tinggi akibat stres karena kurang tidur.

3 Penyebab Susah Tidur

Ada beberapa faktor penyebab sulitnya tidur di antaranya !

Stres

Stres membuat anda terjaga lebih lama karena otak terus bekerja. Entah itu memikirkan urusan pekerjaan, konflik rumah tangga dan segala macam masalah yang menjadi beban pikiran sengga suli untuk tidur. Baca juga cara menghilangkan stres.

Usia

Kurangnya kualitas tidur nyenyak di malam hari bisa di akibatkan karena faktor usia. Usia di atas 40 tahun biasanya muncul perubahan pola tidur. Di usia muda mungkin bisa tidur nyenyak di malam hari, tapi di usia 40 tahun ke atas mengalami pola tidur yang berbeda, bisa sampai beberapa kali terbangun di saat tidur dan tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Efek zat kimia

Sering mengkonsumsi zat kimia seperti kafein,nikotin dan alkohol juga dapat mengganggu kualitas tidur anda. Efeknya akan membuat anda sering terbangun di malam hari dan terkadang sulit untuk tidur kembali. Gangguan ini akan sangat terasa saat anda bangun tidur di pagi hari, badan terasa pegal dan kurang segar.

4 Tips Cepat Tidur

Bagaimana cara agar cepat tidur? berikut akan kami sampaikan tips cepat tidur di bawah ini.

1. Atur batas waktu tidur siang

Tidur siang memang bermanfaat untung menghilangkan lelah dan menyegarkan badan. Namun, anda harus bisa mengatur waktu tidur siang, maksimal 1 jam saja cukup untuk tidur siang. jika terlalu lama, akan mengalami sulit tidur pada malam hari.

2. Hindari olahraga berat di malam hari

Jika anda suka olah raga atau fitness ke GYM. usahakan jangan sampai larut malam menjelang tidur. Olah raga berat di sarankan berhenti sebelum jam 6 sore. Karena saat waktu tidur tubuh anda butuh ketenangan syaraf dan otot. Jika otot dan syaraf anda masih tegang akibat olah raga berat, anda akan sulit untuk tidur. Lakukan lah aktivitas yang menenangkan saat hendak tidur seperti membaca buku, nonton tv, mendengarkan musik dan hal lainnya yang dapat membuat anda relax sehingga membuat anda nyaman dan terlelap tidur.

3. Batasi makan malam anda

Atur makan malam anda. Jangan terlalu banyak nasi dan makanan berat lainya, karena akan membuat sistem pencernaan anda bekerja lebih keras. Sehingga membuat anda sulit tidur dengan cepat. Jika anda merasa lapar saat waktu tidur, anda bisa makan buah-buahan, makan ringan dan minum air putih.

4. Tetapakan jam tidur anda

Usahakan untuk menetapkan waktu tidur anda . jika anda terbiasa tidur jam 9 malam maka harus tetap konsisten sampai seterusnya tidur jam 9 malam. Karena tidur pada waktu yang sama dengan rutin sangat bermanfaat membantu otak dan tubuh anda menciptakan’bodi alarm’. Yang pada waktu yang sama juga. Dan kualitas tidur yang nyenyak juga anda dapatkan. Dan buatlah tempat tidur anda senyaman mungkin.

Demikian beberapa Tips Cepat Tidur, semoga setelah membaca tips ini anda jadi bisa tidur dengan cepat dan nyenyak. Terimakasih.

Artikel Terkait: Tips Agar Cepat Tidur