Perawatan Anis Merah Yang Baik dan Benar

Langkah-langakah perawatan anis merah. Apakah anda sedang mencari tahu bagaimana cara merawat anis merah yang baik dan benar? Jika ya, maka anda berada dalam hakaman yang tepat karena pada kesempatan kali ini kami akan menyajikannya spesial bagi pencinta burung anis.

Anis merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak di gemari para koleksi burung. Warna yang begitu mencolok, di tambah lagi dengan suara kicauan yang merdu membuat burung ini mendapat tempat di hati para maniak burung. Merawat burung ini dibutuhkan ketelitian, keuletan, kasih sayang serta kesabaran. Anggap hewan yang anda pelihara sebagai teman, sehingga anda akan memperlakukan nya penuh dengan rasa tanggung jawab dan konsisten. Lalu perawatan seperti apakah yang harus dilakukan ? simak langsung saja yukkkk, tips dan trik perawatan anis merah.

Perawatan Anis Merah

Cara Merawat Anis Merah

  1. Pagi hari sebelum anis dimandikan, terlebih dahulu di angin-anginkan di teras rumah selama 30 menit. Hal ini bertujuan agar anis melakukan adaptasi atau penyesuaian di tempat baru.
  2. Setelah 30 menit, lalu anis di mandikan bisa menggunakan keramba atau pun di semprot. Cara ini dapat disesuaikan dengan kenyamanannya.
  3. Selesai dimandikan, kemudian anis harus di jemur agar bulu-bulunya cepat kering. Jangan lupa jemur anis selama 1 sampai 2 jam secara rutin di pagi hari. Sebagai contoh : dari jam 8 sampai jam 9 atau 10.
  4. Saat proses penjemuran sebaiknya jauhkan anis dari burung sejenisnya atau yang lain. Biarkan anis di tempat yang terpisah dan sunyi dari dari suara burung yang lain.
  5. Jangan lupa untuk membersihkan sangkar atau kadang secara rutin dan teratur dari berbagai kotoran, tempat atau wadah makan dan minum agar steril sehingga tidak mudah sakit.
  6. Berikan makanan (voer) serta minuman dengan menggantinya secara rutin.
  7. Tak lupa juga untuk memberikan makanan tambahan atau extra food berupa serangga (jangkrik) 2 ekor yang disimpan di tempat atau wadah makan.
  8. Jangan lupa untuk di angin-anginkan diteras rumah sambil makan, kurang lebih selama 10 sampai 15 menit.
  9. Nah, jika akan melakukan mastering, sebaiknya sangkar di kerodong. Akan tetapi cara ini dapat di sesuaikan.
  10. Proses pemasteran dapat dilakukan sejak jam 10 sampai jam 3 sore dengan memakai suara yang sama atau se tipe dengan anis merah pastinnya.
  11. Berikan kembali makanan tambahan atau extra food berupa jangkrik sebanyak 1 ekor pada jam 4 sore sambil diangin-anginkan. Jika di butuhkan boleh dimandikan lagi.
  12. Menjelang senja sekitar jam 6 anis dapat di kerodong kembali sambil pemasteran hingga pagi hari.
  13. Berikan juga kroto ( telus semut rang-rang), seminggu 2 kali sebanyak 1 sendok makan. Misal pada hari rabu dan sabtu.
  14. Berikan juga cacing seminggu sekali saja sebanyak 2 ekor. Misal pada tiap hari selasa.
  15. Untuk menjaga kesehatan anis dapat juga diberikan multivitamin yang di campur kedalam minuman 1 sampai 2 kali dalam seminggu.
  16. Buah menjadi makanan pilihan yang dapat di berikan seminggu 2 kali misal setiap hari kamis dan minggu buah pepaya. Buah apel atau pisang pada hari senin.

Senenarnya tidak begitu sulit untuk perawatan anis merah hanya saja anda harus konsisten, jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan jadwal makananya secara teratur dan rutin.

Artikel Terkait: Perawatan Anis Merah Yang Baik dan Benar