Mengenal Jenis dan Suara Ayam Ketawa

Mengenal Jenis dan Suara Ayam Ketawa: Ayam ini merupakan salah satu jenis ayam yang terbilang langka, jenis unggas yang satu ini asli dari Indonesia yang banyak ditemukan di provinsi Sulawesi selatan yang tepatnya berada di kebupaten sindrap. Ayam ketawa atau menurut bahas bugis dikenal dengan sebutan (Manu Gaga) merupakan salah satu jenis hewan ungags yang masuk pada kategori hewan langka yang dilindungi, ini dikarenakan populasinya yang semakin lama semakin sedikit dan hampir punah. Dahulunya ayam ketawa hanya dipelihara dan juga dibudidayakan oleh orang-orang bangsawan dari bugis untuk dijadikan sebagai symbol yang melembangkan sebuah keberanian dan kesuksesan.

ayam ketawa

Pada awalnya, habitat asli dari ayam ketawa ini berasal dari wilayah kebupaten sindrap. Letaknya sekitar 183 km dari arah utara kota makasar yang merupakan ibu kotanya provinsi Sulawesi Selatan. Ungags unik ini banyak dibudidayakan di daerah-daerah seperti panca rijang, simpo arasi`edan kebanyakan hanya dipelihara disekitar lingkungan keluarga.

Jika kita lihat dari bentuk pisik dan warna bulunya, ayam ini hampir sama dengan jenis ayam kampong biasa. Tetapi ayam yang satu ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki pada ayam dan ungags lainnya. keunikan dari ayam ini yaitu dari suara kukuruyuknya yang mirip dengan suara orang tertawa, maka dari itu ayam ini dikenal dengan sebutan ayam ketawa. Walaupun ada jenis ayam lain yang memiliki keunikan pada suara kukuruyuknya dengan jenis ayam pelung, tetapi tetap berbeda karena ayam pelung memiliki keunikan dari suaranya yang panjang dan melengkung. Namun suara itu hanya dimiliki oleh ayam ketawa yang berjenis kelamin jantan saja, begitu juga dengan ayam pelung.

Jenis ayam ketawa betina memiliki tingkat bertelur yang cukup banyak, dalam sekali musim bertelur ayam ini dapat menghasilkan rata-rata 11 sampai 13 telur. Namun sayang, biasanya telur yang pertama sampai ketiga memiliki daya tetas yang sangat rendah karena telur tersebut tidak memiliki embrio yang cukup baik.

Suara yang dihasilkan ayam ketawa jantan pun dapat berbeda-beda tergantung dari jenis ayam itu sendiri, berikut ini merupakan 3 interval suara yang dikeluarkan, diantaranya yaitu :
1.    Gretek, yaitu jenis suara dengan tingkat interval cepat.
2.    Gaga, yaitu jenis suara dengan tingkat interval lambat.
3.    Dodo, yaitu jenis suara kokok ayam yang peling unik yaitu dengan mendayu-dayu.

Sedangkan dari jenisnya, ayam ketawa terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu :
1.    Ayam baka, yaitu jenis ayam ketawa yang memiliki bulu yang berwarna dasar putih dan dilengkapi dengan warna lain seperti hitam, merah dan oranye, sedangkan  warna kakinya hitam atau juga putih.
2.    Ayam lapping, yaitu jenis ayam ketawa yang memiliki warna dasar bulunya yang hitam dengan merah hati. Selain itu, ayam ini memiliki warna mata yang putih. Jenis ayam ini dipercaya oleh bangsa bugis mampu menampung harta, sesuai dengan namanya yang menurut bahasa bugis lapping artinya menampung harta.
3.    Ayam ceppaga, yaitu jenis ayam ketawa yang memiliki warna bulu dasar hitam mengkilap yang dihiasi dengan warna putih dan warna kaki yang hitam.
4.    Ayam koro, jenis ayam ketawa yang memiliki warna dasar bulunya yang hitam dan dihiasi dengan aneka warna seperti hijau, kuning dan putih yang mengkilap. Sedangkan warna kakinya ada yang kuning ataupun hitam.
5.    Ayam ijo buota, yaitu jenis ayam ketawa ini memiliki warna bulu dasar hijau dan merah, kadang terdapat warna hitam yang terdapat pada bagian sayapnya dan memiliki warna kaki kuning.
6.    Sedangkan jenis ayam ketawa Bori Tase merupakan jenis ayam ketawa yang memiliki warna bulu dasar merah dan dihiasi dengan warna kuning keemasan.

Nah, itulah informasi seputar ayam ketawa yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Artikel Terkait: Mengenal Jenis dan Suara Ayam Ketawa