Manfaat Kulit Buah-buahan dan Sayuran – Jangan Dikupas Ya!

Apa anda tahu Manfaat kulit buah-buahan dan sayuran? Jadi jangan dikupas kulitnya ya! Apa saja buah dan sayuran yang mempunyai manfaat tanpa mengupas kulitnya? Simak info berikut.

Banyak mengkonsumsi buah dan sayur adalah salah satu nasihat tentang pola hidup sehat yang paling sering kita dengar. Memang perbanyak mengkonsumssi buah dan sayur memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita dan bahkan dapat membantu menurunkan berat badan berlebih. Namun meskipun anda sangat menyukai salad, ternyata dengan harus mencuci, mengupas dan menyiapkan buah-buahan dan juga sayuran dapat menyita waktu yang cukup lama dan sering kali membuat kita merasa malas untuk melakukan hal itu.

Maka dari itu, bagi anda yang suka mengkonsumsi buah dan sayur, anda dapat menyiapkan makanan sehat tersebut untuk kita konsumsi tanpa harus mengupas terlebih dahulu kulit buahnya, sehingga selain dapat lebih menghemat waktu ternyata juga dapat meningkatkan jumlah nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayur tersebut.

Berikut ini akan saya sampaikan beberapa informasi yang dapat anda simak mengenai

Manfaat sayur dan buah

 

Manfaat dari 7 Jenis buah dan sayur yang dikonsumsi beserta kulitnya

[accordion]
[toggle title=”1. Kentang” state=”opened”]

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang tidak harus dibuang terlebih dahulu kulitnya untuk dapat dikonsumsi, karena hampir 20% nutrisi seperti vitamin B dan mineral terdapat pada bagian kulit kentang. Pada bagian kulit kentang itulah terdapat kandungan serat yang sangat kita butuhkan untuk melancarkan sistem pencernaan kita, tetapi sebaiknya sebelum dikonsumsi kentang di bersihkan terlebih dahulu dengan air yang mengalir sampai benar-benar bersih.

Baca : Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

[/toggle]
[toggle title=”2. Terong“]

Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan phytonutrient yang dikenal dengan sebutan nasunin, sedangkan kandungan antioksidan yang terdapat pada terong dapat membantu memperbaiki kerusakan pada sel yang disebabkan oleh karena terjadinya penuaan atau jenis penyakit tertentu.

Baca : Manfaat Terong Bagi Kesehatan

[/toggle]
[toggle title=”3. Ubi jalar“]

Tenyata pada bagian kulit luar yang terdapat pada ubi jalar memiliki kandungan vitamin C, potassium dan juga betakaroten. Bahkan sebagian besar nutrisi yang dimiliki ubi jalar terdapat pada bagian kulit luarnya.

[/toggle]
[toggle title=”4. Mentimun“]

Menurut pernyataan para ahli gizi mengungkapkan bahwa kulit mentimun memiliki banyak kandungan serat dan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan melancarkan saluran pencernaan.

Baca : Manfaat Mentimun Bagi Tubuh

[/toggle]
[toggle title=”5. Wortel“]

Pada saat anda sedang membersihakn wortel untuk memasak sayuran ini, anda dapat membersihkan lapisan kulit luar wortel, karena semua kandungan nutrisi dan antioksidan terdapat pada bagian bawah kulit wortel bukan lapisan bagian luarnya.

Baca : Manfaat Wortel Untuk Menjaga Kesehatan

[/toggle]
[toggle title=”6. Lobak“]

Lobak ini banyak yang menganggapnya sebagai wortel putih, namun lobak ini memiliki rasa yang kurang manis dan bahkan agak dingin tidak seperti wortel. Sama seperti wortel, ternyata kanduingan nutrisinya banyak terdapat pada bagian bawah kulitnya.

[/toggle]
[toggle title=”7. Buah Apel“]

Sering kali bagi sebagian orang suka membuang kulit buah apel sebelum di konsumsi, ini dikarenakan mereka berpikir jika kulit apel sangat sulit untuk dicerna. Namun pada kenyataannya, justru kulit buah apel memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk proses pencernaan. Selain itu, kulit apel juga memiliki kandungan quercitin, vitamin C dan juga striterpenoid yang dapat berfungsi sebagai zat anti-kanker.

Baca : Kandungan Manfaat Buah Apel

[/toggle]
[/accordion]

Nah itulah manfaat dari ketujuh buah dan sayur yang dapat kita dapatkan tanpa harus mengupas kulitnya.