Manfaat Dan Keuntungan Internet Banking

Manfaat dan keuntungan internet banking. Akhir-akhir ini penggunaan internet seakan-akan tidak bisa dipisahkan dalam menunjang aktivitas dan kegiatan kita sehari-hari.  Banyak aktivitas kita saat ini yang memerlukan koneksi internet sebagai penunjangnya. Penggunaan koneksi internet paling banyak digunakan dalam kegiatan bisnis. Dengan bantuan koneksi internet, pasal global pun terbuka bagi siapa saja tanpa harus mempermasalahkan jarak dan waktu. Sistem pembayaran barang dan jasa pun semakin mudah dengan adanya transaksi secara online. Sehubungan dengan hal tersebut maka pengelola bank pun baik pemerintah maupun swasta sebagai pengelola dana masyarakat berlomba-lomba menciptakan sistem transaksi yang memungkinkan seseorang melakukan pembayaran ataupun transaki perbankan lainnya tanpa harus datang ke bank secara langsung. Sistem tersebut kini popular dengan sebutan e-Banking atau internet banking. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan internet banking? Dan apa saja yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan layanan internet banking? Sebelum mengetahui tentang berbagai layanan yang terdapat dalam internet banking, mari kita bahas sedikit tentang pengertian internet banking itu sendiri.

E-Banking atau electronic banking atau yang sering disebut internet banking merupakan suatu layanan yang diciptakan oleh bank (swasta maupun pemerintah) dengan memanfaatkan teknologi internet, sebagai media untuk melakukan berbagai macam transaksi yang berhubungan dengan transaksi perbankan. Layanan internet banking ini menggunakan jaringan internet sebagai perantara atau penghubung antara nasabah dan pihak bank. Selain itu, bentuk trasaksi yang dilakukan pun bersifat maya, atau tanpa memerlukan proses tatap muka antara nasabah dan petugas bank yang bersangkutan. Dengan kata lain internet banking merupakan kebalikan dari proses transaksi perbankan konvensional, dimana pada proses transaksi konvensional diperlukan tatap muka antara langsung antara pihak bank dan juga nasabah, maka hal itu tidak diperlukan jika kita menggunakan layanan internet banking ketika melakukan transaksi perbankan. Transaksi yang dilakukan pun bersifat maya, artinya semua transaksi dilakukan dengan dukungan koneksi internet dan tanpa tatap muka langsung dengan pihak bank. Dengan bermodalkan koneksi internet yang kita miliki, baik itu melalui PC, telefon genggam, maupun tablet, transaksi internet banking pun dapat kita lakukan dimanapun.

Saat ini hampir semua bank di Indonesia telah memiliki layanan internet banking. Berbagai macam transaksi pun dapat dilakukan secara online. Namun transaksi apa saja yang dapat kita lakukan melalui internet banking? Memang tidak semua bank memiliki jenis layanan internet banking yang sama, tetapi pada umumnya mereka memiliki layanan seperti di bawah ini. Berikut beberapa manfaat dan keuntungan internet banking :

Cek saldo

Ingin melihat jumlah saldo yang kita miliki? Tidak perlu jauh-jauh datang ke bank atau ATM, cukup dengan memanfaatkan fasilitas internet banking maka kita sudah bisa mengetahui jumlah saldo yang ada di rekening kita dimana saja kita berada.

Pembayaran tagihan

Saat ini kita cukup mengakses akun kita melalui komputer ataupun telefon genggam untuk membayar tagihan kita sehari-hari seperti listrik, air,  telefon, pulsa, tagihan sekolah anak dan lainnya yang tentu saja sudah terintegrasi dengan pihak bank. Dengan proses yang cepat, maka pembayaran tagihan pun sudah bisa dilaksanakan tanpa harus datang langsung ke tempat pembayaran seperti biasa.

Transfer uang non tunai

Jika biasanya kita mendatangi ATM terdekat untuk melakukan transfer, maka dengan layanan internet banking kita cukup mengakses rekening kita melalui komputer maupun telefon, cukup dengan menuliskan nominal yang ingin kita transfer dari rekening kita ke rekening yang dituju, maka uang pun sudah berpindah secara cepat.

Pemesanan tiket

Bila kita berniat melakukan perjalanan menggunakan pesawat ataupun kereta api dan malas mengantri untuk membeli tiket, saat ini hal tersebut bisa dilakukan sambil asyik menonton televisi atau sambil membaca koran. Dengan memanfaatkan layanan internet banking, pemesanan tiket baik itu pesawat maupun kereta api bisa dilakukan tanpa harus datang ke bandara ataupun stasiun terdekat.

Memang tidak semua transaksi perbankan dapat dilakukan melaui layanan internet banking. Sebagai contoh, jika kita ingin membuka rekening baru di suatu bank, maka mau tidak mau kita harus datang langsung ke bank yang bersangkutan untuk mengisi formulir data diri dan melengkapi persyaratan lainnya. Selain itu beberapa bank juga memiliki layanan yang berbeda untuk internet banking mereka, namun contoh diatas secara umum telah dimiliki semua bank yang memiliki layanan internet banking dalam sistem mereka. Demikian ulasan mengenai manfaat dan keuntungan internet banking. Semoga ulasan ini bisa menjadi gambaran bahwa saat ini transaksi perbankan di Indonesia telah cukup modern dan diharapkan kualitas pelayanan perbankan bisa lebih ditingkatkan demi kepuasan nasabah dan yang lebih penting dapat membantu meningkatkan perekonomian negara kita tercinta ini. Semoga!!

Artikel Terkait: Manfaat Dan Keuntungan Internet Banking