Manfaat Internet Bagi Pelajar

Dewasa ini penggunaan internet di masyarakat semakin luas dan berasal dari semua kalangan. Jika dulu internet lebih banyak dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, saat ini internet juga banyak digunakan untuk mengakses informasi hiburan dan media sosial. Penggunanya pun semakin beragam, mulai dari kalangan dewasa hingga remaja bahkan anak-anak. Tidak terkecuali pelajar, yang bisa disebut sebagai golongan yang “melek teknologi”, karena memiliki usia yang tergolong muda dan rasa ingin tahu yang besar. Dampaknya pun bisa beragam, disamping manfaat negatif dari penggunaan internet, terdapat banyak juga manfaat internet bagi pelajar.

Pemuda merupakan ujung tumbak sebuah bangsa, begitulah bunyi sebuah pepatah. Jika pemuda saja sudah merupakan ujung tombak, apalagi dengan pemuda yang terpelajar, tentu bisa lebih hebat dari sekedar pemuda biasa. Pelajar merupakan cikal bakal pemimpin, golongan yang memiliki pengetahuan, dan yang lebih penting, memiliki etika dan integritas diri sebagai seseorang yang terpelajar.

Dengan arus teknologi dan informasi yang belakangan ini semakin terbuka, informasi dapat dengan mudah diakses oleh siapapun, termasuk para pelajar. Melalui internet, pelajar bisa mendapatkan berbagai manfaat dan pengetahuan yang belum mereka ketahui sebalumnya. Tapi melalui internet pula, dampak negatif seperti pornografi bisa diakses tanpa sepengetahuan orang tua. Beberapa manfaat internet untuk pelajar diantaranya :

  • Mempermudah dalam mencari referensi pelajaran

Pelajar zaman dahulu mungkin bisa sedikit iri jika melihat kemudahan pelajar saat ini dalam mencari materi seperti silabus pelajaran ataupun materi untuk tugas mereka. Jika zaman dahulu perpustakaan dan buku merupakan satu-satunya sumber referensi dan pengetahuan untuk mencari bahan materi pelajaran, saat ini cukup dengan mengakses internet baik melalui komputer maupun telefon genggam maka informasi yang dicari pun bisa didapat dengan mudah.

  • Memperluas wawasan pelajar

Melimpahnya informasi yang tersedia di internet menjadikan internet sebagai dunia dengan sejuta informasi. Pelajar pun bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membaca beragam informasi yang belum pernah diketahui sebelumnya. Banyak hal baru yang diunggah ke internet setiap harinya dan bebas diakses oleh siapapun. Pelajar tinggal memilih saja mana bacaan yang paling tepat untuk dirinya, tentu juga harus dilandasi dengan penggunaan internet sehat dan positif.

  • Sebagai sarana komunikasi

Melalui media internet pelajar bisa bertukar informasi mengenai pelajaran mereka dengan cepat dan tanpa mengenal jarak. Berbagi pengetahuan dengan pelajar asing pun tidak menjadi masalah karena pelajar bisa menggunakan fasilitas pesan elektronik (e-mail) maupun video chat yang memungkinkan percakapan jarak jauh melalui video.

Demikian sekilas artikel mengenai manfaat internet bagi pelajar. Semoga bisa menjadi bacaan yang bermanfaat bagi pembaca sekalian.