Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat

Saat ini di Indonesia telah banyak dikembangkan metode pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan herbal atau yang berasal dari alam untuk mengobati berbagai macam penyakit baik itu penyakit ringan maupun penyakin berat. Salah satu yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat umum adalah dengan memanfaatkan buah dan daun dai pohon sirsak. Memang terdengar agak kurang meyakinkan jika bahan yang dapat dengan mudah diperoleh ternyata mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah manfaat daun sirsak untuk asam urat.

daun sirsak

Penyebab Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja dari mulai tingkat remaja dan akan sangat rentan terhadap lanjut usia. Banyak yang keliru menafsirkan tentang gejala asam urat ini. Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa ngilu sendi berarti asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang timbul akibat dari sisa metabolisme zat purin yang dikonsumsi oleh tubuh. Zat purin sendiri merupakan zat yang terkandung di dalam makhluk hidup yang kita makan, juga terdapat didalam sayur-sayuran dan buah-buahan. Dalam keadaan normal, zat purin akan dikeluarkan melalui feses dan urin. Karena sebenarnya tubuh manusia sendiri memproduksi zat purin dalam kadar yang normal yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar zat purin yang tinggi, maka tubuh tidak bisa mengolah zat purin tersebut dengan normal, karena kandungannya yang sangat tinggi di dalam tubuh. Sisa dari metabolisme yang tidak terolah inilah yang mengkristal di persendian dan menyebabkan nyeri yang dikenal dengan istilah asam urat.

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Mengatasi Penyakit Asam Urat

Untuk mengatasi rasa nyeri yang berkepanjangan di persendian kita dapat memanfaatkan rebusan daun sirsak. Cukup dengan merebus sekitar 6 hingga 10 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih dengan air, kemudian rebus hingga matang. Kemudian peran daun tersebut dan air perasannya diminum. Daun sirsak sendiri mempunyai kandungan yang luar biasa sebagai obat alami untuk mengatasi asam urat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan daun sirsak mengandung beberapa senyawa yang barkhasiat mengatasi asam urat, misalnya senyawa fitosterol, tanin, caoksalat dan alkaloid murisine. Daun sirsak juga memiliki efek diuretic (peluruh kencing) yang dapat melancarkan sekresi asam urat melalui saluran urine. Daun sirsak juga memiliki sifat anti-inflamasi atau menekan peradangan serta meredakan rasa nyeri yang timbul akibat terbentuknya kristal-kristal asam urat.

Demikian artikel tentang manfaat daun sirsak untuk mengobati asam urat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda dan bias menambah pengetahuan tentang khasiat obat-obatan herbal yang dapat dengan mudah kita temui sehari-hari di sekitar kita.

Artikel Terkait: Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat