10 Hewan Peliharaan Unik dan Lucu

Hewan peliharaan unik dan lucu – Di dunia ini terdiri dari berbagai jenis hewan peliharaan, mulai dari yang langka bahkan juga yang unik dan lucu yang belum pernah anda temui. Mungkin sebagian dari anda suka dengan hewan-hewan unik untuk di pelihara, namun untuk memelihara salah satu dari hewan ini harus mendapatkan izin dari emerintah, karena sebagian hewan-hewan unik ini merupakan jenis hewan langka yang di lindungi oleh pemerintah Negara asalnya

Penasaran hewan apa sajakah itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini mengenai jenis hewan peliharaan unik. Pastinya akan membuat Anda berpikir untuk memeliharanya dirumah.

Hewan Peliharaan Unik dan Lucu Juga Menggemaskan

1. Landak (Hedgehog)

Landak sebagai hewan peliharaan

Landak sebagai hewan peliharaan

Landak merupakan jenis hewan yang sangat unik dan lucu jika dijadikan sebagai hewan peliharaan, hewan ini tidak memiliki alergi terhadap apapun, tahan terhadap penyakit, pendiam dan tidak memakan tempat. Tetapi untuk memelihara jenis hewan ini, pastikan terlebih dahulu tentang periinannya, karena di Negara lain hewan ini tidak diperbolehkan untuk di pelihara dengan bebas dan dapat dikenakan sanksi bagi yang melanggarnya.

2. Sigung (Skunk)

Sigung Hewan Peliharaan Unik dan Lucu

Sigung meupakan jenis hewan yang sangat lucu dan menggemaskan, namun hewan ini dapat mengeluarkan bau yang menyengat apabila bagian kantung yang yang mengeluarkan bau tersebut belum di buang. Hewan ini ternyata memiliki daya penglihatan yang buruk, sehingga harus dipelihara dalam ruangan yang tertutup dan terang.

3. Rubah Fennec Fox

Rubah Fennec Fox Sebagai Hewan Peliharaan Unik dan Lucu

Fennec Fox merupakan jenis rubah nocturnal yang banyak ditemukan di wilayah Afrika Utara, hewan ini terlihat sangat lucu dan juga unik. Rubah Fennec Fox hampir mirip dengan karakter anjing, sehingga anda harus berhati-hati jangan sampai kabur karena hewan ini dapat berlari dengan sangat cepat. Selain unik hewan ini juga sangat pintar dan dapat dilatih seperti anjing, sehingga anda dapat memanggilnya dengan tanda atau kode yang telah anda latih.

4. Pot-bellied Pigs

Hewan Peliharaan Pot-bellied Pigs

Hewan unik yang satu ini merupakan jenis babi domestik yang berasal dari Vietnam, babi ini cukup bersih dan sangat lucu serta unik, tetapi di dalam kandang bekas makan dan juga kotorannya akan sangat berantakan sehingga jika tidak segera dibersihkan akan menimbulkan bau yang tidak enak.

5. Semut

Semut peliharaan unik

Gambar Kandang Semut

Semut merupakan hewan peliharaan yang sangat unik dan dapat dijadikan sebagai bahan pelajaran bagi anak anda dalam mengenali lebih jauh mengenai karakter semut. Proses pemeiharaannya pun sangat mudah, setelah anda menyiapkan tempatnya anda tidak perlu memberikan makan setiap hari dan juga membersihkan tempat mereka bersarang. Fakta unik dari semut yaitu mereka memiliki tempat untuk mengubur spesiesnya sendiri yang telah mati, sehingga jika anda semut yang mati maka segerombolan temannya yang lain akan membawa dan menguburnya.

6. Marmot

Marmot sebagai hewan peliharaan

Marmot merupakan jenis hewan yang sangat unik, lucu dan menggelikan. Sepintas jika kita lihat marmot hampir mirip dengan hamster, namun marmut ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Tetapi marmut ini sangat jinak dan memiliki warna bulu yang cantik, maka tak sedikit orang yang tertarik untuk memelihara hewan ini. Cara merawatnya pun sangat mudah dan sederhana, namun anda tetap harus memperhatikan kebersihan kandang setiap hari dari kotoran dan air seninya yang dapat menimbulkan bau yang menyengat.

7. Tupai terbang

Hewan peliharaan unik Tupai terbang

Bagi anda yang suka dan tertarik ingin memelihara hewan berkantung ini, anda harus menyiapkan temapt yang cukup luas dan leluasa. Hewan berkantung ini memang sangat lucu dan menggemaskan, walaupun hewan ini sangat ramah tetapi sangat sulit sekali untuk dilatih agar dapat buang air pada tempat yang telah kita sediakan. Tupai terbang merupakan jenis hewan Nokturnal, sehingga jika hendak akan mengeluarkannya dari kandang sebaiknya pada malam hari. Tupai terbang memiliki karakteristik dalam berkembang biak hampir sama dengan kelinci, sehingga harus dilakukan dengan cara mengebiri. Pada saat makan, anda akan direpotkan dengan membersihkan sisa-sisa bekas makan tupai ini, karena tupai terbang hanya akan mengambil sari makanannya saja dan ampasnya akan di muntahkan kembali.

8. Burung kutilang

Peliharaan Burung kutilang

Burung kutilang merupakan jenis burung kicauan yang banyak digemari oleh para pecinta burung, burung ini dapat berkicau dengan sangat merdu, namun burung ini cukup pendiam, sehingga jika anda suka dengan jenis burung yang tidak terlalu berisik seperti burung beo dan burung nuri anda dapat memilih burung kutilang untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan dirumah. Tetapi jika anda hendak akan memelihara burung ini, sebaiknya anda memeliharanya sepasang, karena burung ini tidak akan betah jika tidak ada teman.

9. Chinchillas

Chinchillas Peliharaan Unik

Chinchillas merupakan jenis hewan yang mirip dengan seekor tupai tanah, namun hewan ini memiliki tubuh yang lebih kuat dan juga berukuran lebih besar dari tupai tanah serta memiliki telinga yang berukuran lebih besar. Hewan ini berasal dari Amerika Serikat, hewan ini cocok untuk dipelihara dikawasan beriklim dingin dan uniknya hewan ini memiliki bulu yang sangat halus dan mirip seperti semak.

10. Umang-umang

Memelihara Umang-umang

Bagi anda yang tinggal di apartemen dan ingin memiliki hewan peliharaan yang pemeliharaannya murah dan mudah, hewan yang satu ini sangat cocok untuk anda pelihara. Anda hanya cukup menyediakan tanki ikan atau juga sebuah akuarium tua dengan disisi kerikil-kerikil ataupun tempurung untuk cangkangnya, karena hewan ini sering mengganti tempurungnya setiap pertumbuhannya bertambah. Selain itu, siapkan makanan dai air untuk makanannya. Pada awal anda memelihara hewan unik ini, anda akan sering terkena capitannya, namun setelah anda sering bermain dengannya maka semakin lama akan semakin jinak.

Nah, apakah diantara hewan peliharan diatas ada yang membuat anda tertarik untuk memeliharanya?
Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai jenis hewan peliharaan unik, semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan anda semua.
Terima kasih atas waktunya dan sampai jumpa pada postingan-postingan yang tidak kalah menarik lainnya.

Artikel Terkait: 10 Hewan Peliharaan Unik dan Lucu