Ciri-Ciri Batu Giok Asli

Ketahui jenis batu giok dan ciri-ciri batu giok asli dan apa yang membedakannya dengan yang palsu. Bagi anda yang sedang mencari atau ingin membeli batu giok, sebaiknya saya sarankan agar anda mengatahui terlebih dahulu ciri-ciri batu giok asli yang akan saya coba bagikan informasinya kepada anda semua agar anda tidak tertipu oleh oknum pedagang nakal. Perlu anda ketahui bahwa jenis batu giok yang asli hanya terdiri dari dua jenis yaitu jenis Nefrit (Nephrite) dan jenis Jadeit (Jadeite). Batu giok jenis Nefrit telah dikenal sejak pada zaman Neolitikum pada masa kebudayaan cina pada saat 6000 tahun sebelum masehi, sedangkan batu giok jenis Jadeit baru ditemukan pada pertengahan era ke 18 dijaman Dinasti CHING pada tahun (1644-1912).

Ciri-ciri batu giok asli

Giok Dinasiti Ming – Source: Kaskus

Jenis batu giok Jadeit banyak di impor dari daerah Burma, sedangkan dari sifatnya batu giok ini sangat berbeda jauh dengan jenis batu Nefrit, baik jika dilihat dari segi mineralogi maupun dari segi gemologi. Jenis batu Jadeit terbentuk dari mineral yang bernama piroksen, sedangkan jenis batu nefrit terbentuk dari mineral amfibol. Jenis batu jadeit memiliki tampilan warna yang lebih hidup dan lebih menarik, sehingga harga jualnya pun lebih tinggi dibandingkan dengan jenis Nefrit.

Mungkin sebagian dari anda bertanya, apakah jenis batu giok tahan terhadap panas?

Batu giok tidak tahan terhadap panas, ini dikarenakan batu giok memiliki thermal diffusivity atau memiliki sifat yang dapat menghantarkan suhu panas 0,0160 cm²/detik, sehingga jika dibakar atau dipanasi pada salah satu titik tertentu dapat membuat temperatur batu giok semakin meningkat dengan sangat cepat dibandingkan dengan jenis batu lainnya.

Batu giok memang memilki sifat yang dingin dan lebih dingin dibandingkan dengan jenis batu yang lainnya yang diantaranya seperti jenis obsidian, serpentin ataupun jenis prehnit. Hal ini dikarenakan batu giok memiliki kandungan thermal inertia yang memiliki kelembaman akan suhu panas yang lebih tinggi. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan jenis mineral grup kwarsa, ternyata kelambaman yang dihasilkan sama seimbang dan juga memiliki rasa dingin yang juga sama.

Maka dari itu, tidak masuk akal jika para pecinta batu giok mensyaratkan bahwa batu giok asli harus tahan terhadap panas dan tidak akan berubah temperaturnya jika di panasi selama 15 menit. Namun itu salah, justru batu giok yang asli memiliki sifat sebaliknya yang dapat berubah suhunya dengan sangat cepat jika dipanasi.

Selain itu, ada juga yang sering mempertanyakan apakah batu giok yang asli dapat mengapung di air?

Jawabannya tentu tidak…

Jika ada salah seorang yang mensyaratkan bahwa batu giok asli mesti mengambang di air, dapat dipastikan jika orang tersebut sangat awan terhadap jenis batu giok atau jika anda akan hendak membeli sebaiknya anda harus waspada karena bisa-bisa orang tersebut akan berniat menipu anda.

Perlu anda ketahui, salah satu sifat yang dimiliki batu giok yaitu tahan gores. Hal ini dikarenakan, batu giok ini memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi dengan tingkat kekeraan mencapai hingga 6,5 mohs untuk jenis Nefrit, sedangkan jenis Jadeit mencapai 7,0 mohs. Inilah salah satu syarat dalam membedakan jenis batu giok asli secara umumnya, namun bukan berarti batu giok tidak dapat bentuk menjadi perhiasan. Sama halnya dengan jenis batu pada umumnya, batu giok juga dapat tergores atau terpotong dengan batuan yang memiliki tingkat kekerasan lebih tinggi dari batu giok itu sendiri.

Nah, dengan sedikit penjelasan mengenai batu giok ini anda menjadi sedikit lebih tahu dalam membedakan batu giok asli dengan yang palsu. Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda semuanya.

Artikel Terkait: Ciri-Ciri Batu Giok Asli