Cara Mengontrol Emosi

Bagaimana cara mengontrol emosi? Dapat mengendalikan emosi sangatlah penting terlebih pada saat anda dituntut untuk professional. Jangan biarkan perasaan marah, resah, galau, bingung, senang, terpuruk, bahagia mempengaruhi keputusan yang seharusnya di putuskan secara logika. Emosi yang berlebih memang dapat berdampat buruk bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh seperti dapat mengurangi kesehatan kulit (kulit menjadi kusam tak bercahaya), tekanan darah meninggi, gejala stroke atau serangan jantung mendadak dll. Sebenarnya banyak cara mengatasi permasalah tersebut salah satunya dengan tips dan trik berikut ini. Oke simak langsung saja yukkk :

cara mengontrol emosi

Cara Mengontrol Emosi

1. Lebih dekatlah dengan Dia Sang Maha Pencipta , minta dan memohon petujuklah dari dari-nya karena di yang lebih mengetahui apa yang hambanya perlukan. Berwudhu dan membaca al-Quran merupakan solusi paling ampuh untuk menenangkan diri dalam meredam emosi.

2. Lakukan mediasi – merupakan salah satu cara untuk mengontrol emosi, terlebih pada saat anda sedang sangat marah ataupun sedih. Cara ini dapat menenangkan anda, coba untuk mencari tempat tenang serta posisikanlah duduk senyaman mungkin. Control pernafasan anda serta cobalah untuk memokuskan terhadap sesuatu dan mulailah untuk memejamkan mata, kemudian lakukanlah meditasi sekitar 10 sampai 15 menit. Cara ini sangat bermanfaat dalam membantu anda untuk mengurangi volume emosi.

3. Cobalah untuk menghindar atau menjauh dari keadaan yang dapat membuat emosi anda naik. Sebaiknya anda menjauh sebentar dari masalah yang membuat anda emosi, bernafas dan tenangkan diri sejenak sebelum kembali untuk menghadapi masalah.

4. Gunakan pikiran secara logis dan bukan secara emosional. Memang bukan hal mudah berpikir secara logis ketika emosi sedang memuncak, namun dengan cara ini dapat mempertimbangkan sebab – akibat atau kerugian atau keuntungan dari keputusan yang anda ambil.

5. Cobalah sejenak untuk mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang di hadapi seperti cobalah untuk mengingat hal atau kejadian lucu untuk menjauhkan dari masalah yang dapat membuat emosi anda naik.

6. Lakukan Intropeksi – cobalah untuk meninjau masalah dari pendapat orang lain sekaligus mengkoreksi diri sendiri. Mungkin saja kesalahan berasal dari anda dan jangan malu untuk mengakui kesalahan tersebut, maka dengan demikian anda emosi dapat terkontrol dan menjadi lebih tenang.

7. Cari tempat yang jauh dari keramaian atau menyepi. Saat emosi tidak terkontrol alternafit lain yaitu dengan menyepi, seperti anda dapat meminta izin untuk pergi berlibur atau mengunjungi orang paling dekat dengan anda (orang tua). Cara ini mampu meredam emosi yang sedang bergejolak.

8. Membaca dapat menjadi cara untuk mengontrol emosi, seperti dengan membaca buku yang dapat menenangkan hati, pikiran, emosi ataupun yang dapat mengalihkan masalah yang di hadapi. Jenis buku yang dapat di pilih seperi komik, cerita islam, buku tentang motivator, teladan nabi dan rasu dll.

9. Jika tidak dapat memendam sendiri cobalah untuk mencerikanan permasalahan anda tersebut pada teman yang dapat di percaya. Meski terkadang mereka tidak dapat memberikan solusi, namun setidaknya beban anda berkurang. Selain itu juga anda dapat pergi ke psikolog atai psikiater untuk mencari jalan keluar dari permasalahan anda.

10. Merelakan yang telah terjadi atau membiarkan semuanya berlalu dengan demikian hal ini dapat membuat perasan menjadi lebih tenang. Jangan biarkan masa lalu terus ada di pikiraan anda, cobalah untuk move on.

Demikianlah cara mengendalikan emosi, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba…

Artikel Terkait: Cara Mengontrol Emosi