Langkah Mudah Cara Membuat Tahu Sendiri Di Rumah

Bagaimana cara mebuat tahu di rumah yang mudah untuk dilakukan sendiri. Ikuti langkah-langkahnya. Apakah anda suka Tahu? Pastinya bayak orang yang suka dengan makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai ini, selain rasanya yang enak ternyata tahu memiliki kandungan nutrisi yang lengkap di dalamnya sehingga sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Tahu merupakan jenis makanan yang sudah ada sejak pada jaman dulu sekitar pada tahun 164 SM yang berasal dari daratan cina.

Di Indonesia tahu merupakan salah satu jenis makanan favorit banyak kalangan masyarakat, selain murah dan bergizi makanan ini sangat lezat diolah dengan berbagai cara pengolahan seperti digoreng, disayur dan cara pengolahan lainnya. Namun apakah anda tahu bagaimana cara membuat tahu? Penasaran ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Tahu

Sebelum anda mencoba membuatnya, sebaiknya siapkan terlebih dahulu beberapa bahan dan alat yang akan digunakan berikut ini.

Bahan :

• Kacang kedelai berkualitas baik, 1 kilogram (rendam semalaman)
• Cuka makan, 100 mili
• Air, secukupnya

Alat yang akan digunakan :

• Blender
• Saringan
• Panic berukuran besar
• Serbet untuk makan atau kain

Cara membuat :

  1. Pada langkah awal dalam membuat tahu, masukan bahan kacang kedelai kedalam baskom atau panci yang telah disiapkan. Setelah itu kacang kedelai diremas-remas agar terpecah satu sama lainnya.
  2. Selanjutnya, bersihkan dan masukan kacang kedalam blender dengan diberi sedikit air. Lalu haluskan dengan blender hingga lembut seperti susu kedelai.
  3. Kemudian rebus hingga mendidih didalam panci besar, lalu siapkan air dingin di dalam baskom karena pada saat rebusan kacang kedelai mendidih akan keluar busa. Pada saat itu, maka tambahkan sedikit air dingin dan kecilkan api pada kompornya. Lakukan hal tersebut hingga busa habis.
  4. Selanjutnya, diamkan rebusan susu kacang kedelai tersebut selama 20 menit diatas api kecil. Lalu matikan apinya dan diamkan hingga rebusan dingin.
  5. Kemudian rebusan disaring dengan menggunakan saringan yang pada bagian atasnya dilapisi dengan kain atau serbet, lalu peras sampai air perasan dapat keluar semuanya. Sedangkan pada bagian ampasnya, sebaiknya jangan dibuang karena dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat perkedel atau dapat dimasak sesuai selera.
  6. Pada air yang dihasilkan dari proses penyaringan tadi kemudian direbus kembali dengan menggunakan api sedang dan jangan sampai air mendidih, lalu angkat dan masukan 100 mili cuka makan. Diamkan selama 30 menit sampai air dan calon tahu dapat terpisah, lalu saring dengan menggunakan kain tipis agar airnya dapat keluar semua.
  7. Setelah itu, susun bahan tahu pada cetakan dan kemudian tindih dengan menggunakan pemberat yang bertujuan untuk mengeluarkan sisa air.
  8. Selanjutnya anda dapat memotong-motong tahu dengan ukuran sesuai selera dan tahu pun siap untuk di masak.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara membuat tahu, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat mencobanya dirumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil…