Cara Agar Melahirkan Normal

Berbagi tips cara agar melahirkan normal. Setiap wanita yang diberikan anugrah untuk mengandung pastinya meninginkan proses atau cara melahirkan normal. Akan tetapi terkadang ada beberapa dari mereka yang mengharuskan terjadinya prsoses tersebut berbeda pada umumnya, seperti terjadinya robekan atau sobekan di area miss V, sedangkan menurut ilmu kedoktorenan robekan yang terjadi pada miss.V saat melahirkan di kenal dengan istilah episiotomi. Episiotomi sendiri adalah suatu cara pengguntingan yang di tujukan sebagai pelebaran atau melebarkan di area miss.V untuk mempermudah proses keluarnya jalan lahir pada bayi.

Agar Melahirkan normal

Walaupun pasien akan di berikan anestesi lokal oleh dokter yang bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit, namun pastinya anda tetap ingin melalui proses kelahiran secara normal. Maka dari itu untuk meminimalis terjadinya episiotomy anda dapat menyimak tips dan trik berikut ini, yaitu :

Tips agar melahirkan normal

1. Persiapan Fisik

Hal ini dimulai dari diri anda sendiri dengan berkeyakinan bahwa proses persalinan akan berjalam dengan mulus. Dorongan dari diri anda sendirilah yang merupakan modal awal untuk memasuki persalinan secara normal tanpa episiotomy. Anda pun dapat melakukan persiapan dengan beberapa cara seperti pijatan premiun yang di lakukan saat usia keahmilan anda menginjak trimester akhir ketiga, mengikuti senam hamil atau kegel yang berfungsi untuk melatih otot di sekitar area kewanitaan atau jalan bayi lahir.

2. Tempat Persalinan

Memilih tempat untuk persalian juga merupakan salah satu langkah untuk menghindari episiotomi, walaupun hal tersebut kembali kepada kondisi ibu dan janin. Akan tetapi kondisi atau suasana tempat yang nyaman akan memberikan rasa rileks untuk menjalani persalinan secara normal. Seperti suasana tempat yang jauh dari kebisingan atau tenang, sehingga anda terhindari dari rasa cemas dan tegang saat persalinan yang dapat mengganggu proses persalinan secara normal.

3. Istirahat Tercukupi

Sebaiknya hindari aktifitas yang berlebih saat mendekati proses persalinan, karena aktifitas fisik yang berlebih dapat mengakibatkan terjadinya pengguntingan. Istirahat yang cukup, menghndari aktifitas fisik berlebih serta mencukupi kebutuhan akan nutrisi sebagai modal agar anda lebih banyak menyimpan energy.

4. Gerakan ringan

Gerakan ringan menginjak usia trimester akhir yang dapat anda lakukan seperti menggerakan kepala, dahi serta hidung agar menyentuh lantai sama halnya dengan tangan, lutut, jari-jari kaki. Cara ini akan membantu janin dalam kandungan memasuki posisi yang pas sekaligus mendorong bayi, agar terhindar dari posisi tidak wajar atau sungsang.

5. Penggunaan Aroma Terapi

Penggunaan minyak seperti olive oil atau flowers oil sebagai aroma terapi, bertujuan untuk membuat diri anda lebih rileks, nyaman sekaligus membantu peregangan otot. Diri yang lebih tenang dapat menjauhkan anda dari konsidisi episiotomi, sehingga proses persalinan berjalan lancar.

6. Konsumsi Alpukat & Olive oil

Mengkonsumsi kedua bahan tersebut dapat membantu proses peregangan yang terjadi pada kulit dari dalam. Selain itu juga, dengan mengkonsumsi teh raspberry menginjak usia kehamilan akhir (trimester akhir) sebanyak 2 cangkir sehari dapat melancarkan proses persalian untuk membantu terjadinya kontraksi yang lebih produktif.

7. Hindari Mengangkat bokong

Sebaiknya anda menghindari untuk mengangkat bokong saat proses persalinan, karena hal ini dapat mengakibatkan terjadinya pengguntingan atau robekan karena dalam posisi demikian otot akan mudah terkoyak atau robek.

Demikianlah tips cara melahirkan normal, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Artikel Terkait: Cara Agar Melahirkan Normal