Batu Akik Sungai Dareh

Jenis batu akik sungai dareh sangat terkenal, sampai-sampai para pejabat tinggi dan pengusaha banyak yang memiliki batu mulia ini untuk dijadikan sebagai perhiasan cincin pada jari mereka. Selain itu, mantan kepala negara kita Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah memakai cincin batu akik ini dan yang paling membanggakan mantan presiden kita ini pernah menghadiahkan batu cincin sungai dareh kepada Barack Obama pada saat berkunjung ke indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alamnya, salah satunya yaitu memiliki naeka ragam batu mulia yang terkenal sampai ke mancanegara. Banyak sekali jenis batu mulai yang terkenal di indonesia dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi, salah satunya yaitu jenis batu akik sungai dareh. Jenis batu mulia ini berasal dari kepulauan sumatera, lebih tepatnya batu akik ini banyak ditemukan di kecamatan pulau punjung, dharmasraya Sumatera Barat.

 Batu Akik Sungai Dareh

Batu akik sungai dareh ini memiliki keunikan pada warnanya yang beranekaragam, konon batu akik ini memiliki lebih dari 60 warna. Maka tak heran jika batu akik ini banyak diburu oleh para kolektor, batu akik ini juga terdiri dari beberapa jenis dan beberapa diantaranya yang paling populer yaitu jenis kumbang jati dan pucuk pisang. Selain itu, jenis batu akik sungai dareh yang lainnya juga ada yang mirip dengan jenis batu akik jamrud, kopas dan yakub. Keindahan dari sisi warna dan serat yang terdapat pada batu akik ini, menjadikan batu mulia ini dikategorikan sebagai jenis batu mulia paling terkenal dan termahal di indonesia.

Batu ini selain memiliki keindahan yang dapat memikat para pecinta batu akik, tetapi juga memiliki kekerasan batu yang sangat kuat dengan kekerasa mencapai 7 mohs. Batu akik ini ternyata telah digunakan sejak dulu sekitar 50 tahun silam, pada saat itu masyarakat mempercayai bahwa batu ini dapat dijadikan sebagai pelindung diri dan sebagai keberuntungan bagi mereka yang memilikinya. Namun kita sebagai orang yang beriman, sebaiknya kita jangan meyakini mitos-mitos seperti itu, karena hal itu tentunya sangat bertentangan dengan ajaran agama kita.

Jika dari sisi harga, harga batu akik sungai dareh sangat bervariatif mulai dari ratusan ribu hingga jutaan bahkan ratusan juta rupiah, tergantung dari jenis dan kualitas batu tersebut. Namun tidak sedikit banyak jenis batu imitasi yang dijual, sehingga bagi anda yang ingin membeli jenis batu akik ini harus lebih teliti. Jenis batu akik sungai dareh yang asli memiliki berat yang dari ukurannya dibandingkan dengan jenis batu yang imitasi, selain itu jika ditempelkan dipipi akan terasa dingin dan akan cepat dingin kembali jika dipanasi. Mungkin dari sedikit cara membedakan jenis batu akik asli dengan imitasi ini sedikit dapat membantu anda.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai batu akik sungai dareh, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjadikan anda semakin bangga menjadi warga negara indonesia yang kaya akan sumber daya alamnya.

Artikel Terkait: Batu Akik Sungai Dareh