Batu Akik Badar Lumut

Batu akik badar lumut merupakan salah satu jenis batu akik yang cukup terkenal dan memiliki banyak penggemarnya, Salah satu ciri batu akik ini memiliki warna hijau sesuai dengan namanya badar lumut. Akan tetapi jenis batu akik ini memiliki banyak sekali jenisnya, sehingga warnanya pun tidak hanya hijau dan ada juga warna lain yang salah satunya warna kecokelatan. Ada beberapa jenis batu akik badar, diantaranya yaitu batu badar besi, batu badar perak dan juga batu badar emas.

Jenis batu akik badar lumut memiliki keunikan yang jika diterawang terdapat motif yang hampir mirip dengan lumut. Selain itu, batu akik ini memiliki keindahan yang mempesona, maka tak heran jika batu akik ini banyak diburu oleh para kolektor. Namun konon menurut kepercayaan beberapa masyarakat bahwa dengan memakai batu ini dapat menyelaraskan emosi dan juga menentramkan jiwa.

Jika kita renungi sejenak, kata badar merupakan nama atau istilah suatu peperangan kaum muslimin yang pernah terjadi pada pada tanggal 17 maret 624 masehi dan yang mana perang itu dimenangkan oleh tentara muslimin. Namun batu itu hanya dinamai oleh manusia, kita tidak boleh terlalu yakin dengan kemampuan batu atau benda lainnya dan keyakinan kita hanyalah pada Alloh sang pencipta.

Gambar Batu Akik Badar Lumut Pacitan

Batu Akik Badar Lumut Pacitan

Awal terbentuknya batu ini yaitu karena hasil proses dari alam, tetapi banyak masyarakat yang menyangkut pautkan terbentuknya batu ini dengan hal-hal mistis. Namun bagi mereka pecinta batu akik tidak akan menjadi halangan dengan hal-hal seperti itu, walaupun harga yang harus dikeluarkan tidak sedikit.

Keberadaan batu ini banyak ditemukan disekitar wilayah  yang sering  terkena musibah banjir lahar yang terjadi selama ratusan tahun lalu seperti di negara brazil, meksiko, australia, amerika dan juga indonesia. Hal ini dikarenakan, kandungan yang tersimpan dalam batu akik ini mengandung mineral seperti besi dan juga alumunium. Sehingga tingkat kekerasan batu akik badar lumut mencapai 5 sampai 6 skala mohs, ini menandakan bahwa batu akik ini cocok untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat perhiasan.

Maka dari itu, sebaiknya anda jangan langsung tergiur dengan orang yang manawarkan batu badar lumut ini dengan harga yang sangat murah, karena anda harus lebih waspada akan keaslian dari batu tersebut.

Ciri-ciri Batu Akik Badar Lumut

Untuk memastikan keaslian dari jenis batu akik badar lumut ini, anda dapat mengenali beberapa ciri-ciri berikut ini.

  1. Jika disorot dengan senter, maka akan terlihat jelas terdapat serat halus didalam batu tersebut.
  2. Memiliki warna hijau cerah atau cokelat yang memiliki motif yang menyerupai lumut didalamnya.
  3. Jika disorot dengan cahaya, maka jika batu itu asli cahayanya akan tembus.
  4. Jika dirasa atau ditimbang, maka berat batu yang asli akan lebih berat dari ukurannya.
  5. Tahan terhadap panas walaupun dibakar dalam waktu yang cukup lama dan tidak akan mudah tergores dengan benda kasar.
  6. Jika dibakar akan keluar cairan dan setelah diusap maka tidak akan meninggalkan bekas sedikitpun.
  7. Jika digesekan dengan keras dengan batu natural lainnya akan menimbulkan bercak api.
  8. Harganyapun akan lebih mahal dibandingkan dengan jenis batu sintesis.
  9. Dan yang pasti, dapat dipastikan dilaboratorium untuk mengetahui keasliannya.

Nah itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan mengenai batu akik badar lumut, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda mengenai jenis-jenis batu akik.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa…

Artikel Terkait: Batu Akik Badar Lumut