Batu Akik Badar Besi

Lagi-lagi membahas batu akik, memang benar jenis  batu akik memang beragam. Salah satunya batu akik badar besi, batu akik yang satu ini memang tidak banyak masyarakat yang mengetahuinya. Badar besi atau disebut juga dengan pati ayam atau disebut juga sebagai magnetsteen atau hematite. Masyarkat dahulu menyebutkan bahwa batu badar besi kedalam golongan pusaka/mustika yang diyakini memberikan khasiat ataupun kelebihan-kelebihan yang berkaitan dengan hal mistis.

Dahulu batu ini dipercaya mampu membuuat badan menjadi kebal terhadapat senjata tajam atau senjata api. Batu badar besi merupakan sebutan yang umum di Indonesia seperti badar bumi, badar lumut atau badar laut. Akan tetapi nsebenarnaya batu ini merupakan hematite atau magnetsteen yang merupakan satu kumpulan mineral yang terdiri dari besi (Fe), struktur mineral yang trigonal yang disertai dengan kandungan oksigen yang tinggi. sehingga batu ini memiliki warna abu kehitam-hitaman dan hanya memiliki kekerasan 5 sampai 6 mohn. Batu jenis dapat mengeluarkan efek mengkilap seperti besi bila digisok atau diasah.

Batu Akik Badar Besi

Ada yang tahu gak kenapa batu ini di beri nama magnetsteen ? masih salah tuh jawabannya, jawaban yang benar yaitu karena karakteristik batu ini dapat menempel pada kutub besi yang berlainan seperti besi. Tau ga sih?  Sebenarnya batu ini banyak ditemukan didaerah brazil, eropa, mexico, Australia dan amerika serikat. Batu ini ditambang didekat pegunungan yang konon sering terjadi banjir lahar ratusan tahun yang lalu (volcanic activity).

Ada yang pernah ke planet mars ? jawabannya pasti belumkan. Asal tahu aja nich, ternyata batu badar besi juga terdapat di planet mars (adanya bebatuan yang memiliki unsur hematite dengan kandungan Fe yang domoninan). Jika batu badar yang ada dibumi ini terpendam dibawah lapisan tanah, sedangkan batu badar besi yang terdapat diplanet mars berbentuk gunung. Menurut informasi yang didapatkan dari the Mars Exploration  Rover Microscipic.

Mitos akan Manfaat Batu Akik Badar Besi

Menurut cerita masyarakat konon batu ini memiliki khasiat atau banyak juga mengkatagorikan batu ini sebagai salah satu pusaka atuapun barang yang memiliki unsur daya mistik denga harga yang tidak masuk akal jika dikonfersasikan dalam betuk nilai uang atau rupiah. Banyak masyarakat yang menyebaut batu ini sebagai mustika. Ternyata ketenaran badar yidak hanya di Indonesia tetapi juga di Negara tetangga seperti Malaysia. Para pemburu batu badar rela untuk menukar uang ratusan juta bahkan sampai milyaran rupiah, karena diyakini memiliki kekuatan  yang kebal terhadap senjata tajam. Selain itu juga badar besi diyakini memiliki khasiat seperti dapat melindungi si pemiliknya dari mara bahaya teluh dan tenung, dapat menghindarkan aura jahat/negative, anti cukur, anti senjata tajam atau senjata api dan tahan panas.

Tetapi tidak sedikit orang yang kurang beruntung atau kurang berhasil dengan bisnis ini. Hal ini di sebabkan karena barang hilang saat transaksi karena khodam ayng tidak cocok dengan pembeli atau mediator yang tida jujur, khodam dan khodam beradu sehingga barang menjadi lemah dll.

Maka tidak heran jika banyak orang yang tertujun kedalam bisnis ini, karena mungkin tertarik atau tergiur dengan keuntungan yang cepat . karena seperti yang telah diketahui harga batu akik, mustika, serta benda-benda yang memiliki unsur magis (benda atik, pusaka) lainnya memiliki harga yang fastastik atau tidak cukup akan jika dihitungkan dalam jumlah rupiah.