Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil dan janin, Madu merupakan cairan alami yang teksturnya menyerupai sirup,  namun lebih kental dan berasa manis. Madu memiliki banyak khasiat dan kandungan gizi yang tinggi yang sangat berguna bagi kesehatan. Bahkan madu dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Banyaknya manfaat madu untuk ibu hamil dikeranakan kandungan zat yang terkandung di dalamnya yang sangat diperlukan tubuh, seperti niasin, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, asam askorbat dan piridoksin. Selain itu madu juga mengandung mineral seperti magnesium, kalium, phosphor, kalsium, zat besi, mangan, natrium, dan sulfut. Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk pinobanksin, katalase, chrysin, vitamin C dan pinocembrin.

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Berikut beberapa manfaat madu untuk ibu hamil diantaranya :

  • Mengurangi rasa panas pada perust saat masa kehamilan

Pada saat masa kehamilan biasanya ibu hamil sering mengalami keluhan panas di dada atau perut atau heartburn. Hal ini terjadi karena makanan yang sudah berada di dalam lambung terdesak ke arah kerongkongan akibat rahim yang semakin besar. Akibatnya, timbul iritas pada dinding kerongkongan, karena makanan telah  bercampur dengan asam lambung yang memiliki sifat asam. Hal ini bias diatasi dengan mengonsumsi madu yang ditambah dengan campuran susu untuk membantu menetralkan asam lambung.

  • Mengurangi rasa mual

Rasa mual merupakan sensasi yang lumrah dirasakan oleh ibu hamil pada masa kehamilan. Hal ini memang tidak bisa dihindari, dan hampir pasti dialami oleh semua ibu hamil. Agar mual yang dirasakan tidak terlalu kuat, ibu hamil dapat mengonsumsi madu yang dicampur dengan air atau juga mengoleskan madu tersebut ke makanan lain seperti roti ataupun makanan ringan.

  • Meningkatkan nafsu makan

Pada beberapa kasus, ibu hamil memiliki masalah dengan nafsu makan terutama pada saat awal-awal masa kehamilan. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan terlalu lama karena akan mengganggu kesehatan kandungan sang ibu. Untuk mengatasinya biasa dengan meminum madu secara teratur setiap hari agar nafsu makan kembali seperti sedia kala.

  • Mempermudah proses kelahiran

Hasil penelitian menunjukan bahwa madu dapat membantu memperlancar proses kelahiran pada ibu hamil. Ini terjadi karena di dalam madu terdapat zat prostagelandine yang ternyata dapat mempercepat kontraksi pada rahim dan membuat leher rahim menjadi lebar sehingga proses kelahiran akan semakin mudah.

  • Meningkatkan daya imunitas tubuh

Madu dikenal sebagai zat yang dipercaya mampu menjaga kekebalan tubuh. Banyak orang yang mengonsumsi madu karena khasiatnya yang dapat digunakan bersamaan dengan makanan ringan ataupun dikunsumsi secara langsung. Begitu pula untuk ibu hamil, kondisi badan ibu hamil yang memerlukan banyak asupan energi tentu akan baik jika mengonsumsi madu secara teratur.

  • Melindungi kondisi janin

Pada saat masa kehamilan, ibu hamil harus sangat memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, karena makanan dan minuman yang dikonsumsi akan diserap oleh janin dengan melalui placenta. Akan sangat berbahaya apabila ada zat-zat yang beracun yang masuk dan diserap oleh janin. Dengan mongonsumsi madu dipercaya dapat mengurangi racun yang masuk ke dalam tubuh dan mengurangi resiko keracunan pada janin.

Demikian artikel mengenai manfaat madu untuk ibu hamil, semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi serta masukan bagi para ibu yang sedang menjalani masa kehamilan, dan semoga selalu sehat baik itu sang ibu dan calon anaknya kelak. Lihat juga artikel terkait tentang kehamilan yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda.