Manfaat Internet Secara Umum

Apa manfaat internet secara umum? Internet. Kata apa yang pertama terlintas dalam pikiran anda jika saya menyebutkan kata tersebut? Apakah bisnis? chatting? Jejaring sosial? game 24 jam? Atau bahkan mungkin kencan online? he..he..he.. semuanya memang bisa dilakukan melalui media internet. Melalui jaringan 24 jam tanpa batas yang menembus batas ruang dan waktu (agak lebay bahasanya, he..he..) kita bisa bertemu dengan teman baru, mencari pasangan baru, berbincang-bincang dengan mitra bisnis, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya menggunakan fasilitas internet.

Manfaat Internet Secara Umum

Terdapat jutaan orang saat ini yang mengakses internet setiap harinya. Tentu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan “berkumpul” di tempat yang sama dengan jutaan orang tersebut. Lantas seberapa jauh internet bisa bermanfaat bagi kita? Dan apa saja manfaat internet secara umum, silahkan baca artikel di bawah ini.

Masyarakat yang tinggal di perkotaan tentu sudah sangat akrab dengan penggunaan jaringan internet dalam kehidupan mereka sehari-hari. Ditambah dengan dukungan gadget keluaran terbaru, rasanya mengakses internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang lebih pokok dibandingkan makan, hihiii..

Sering kita jumpai orang yang sedang asyik ( atau mungkin terlampau asyik sendiri) dengan gadget di tangan mereka, melakukan chatting sesama teman di jejaring sosial, hingga tak jarang mengacuhkan orang-orang disekitarnya. Sebenarnya agak menyedihkan jika menyaksikan peristiwa seperti ini, karena ketika dia bersosialisasi dengan sesama pengguna dunia maya (katakanlah pengguna jejaring sosial X) secara tidak langsung dia telah menjadi antisosial dengan lingkungannya sendiri. Maksudnya, ketika seseorang terlalu sibuk dengan urusannya (bersosialisasi melalui jejaring sosial), dia secara tidak langsung akan mengurangi intensitasnya dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Hal ini menjadikan seseorang akan semakin asing di lingkungannya sendiri. Mereka lebih akrab dengan teman dunia maya yang dikenalnya (atau bahkan mungkin belum dikenal sama sekali) dibanding dengan orang-orang nyata yang ada di kehidupannya. Jika lantas peristiwa seperti ini banyak terjadi di kehidupan kita, maka masih pantaskah kita mengatakan bahwa internet bermanfaat bagi kita? Jawabannya adalah… (jeng..jeng..jeng..) 100% pantas, karena beberapa alasan berikut ini :

  • Merupakan sumber informasi yang paling murah saat ini

Bayangkan, jutaan orang setiap hari meng-upload berita baik itu berbentuk tulisan, foto, ataupun video di internet. Dan banyak dari semua itu bisa kita lihat secara gratis. Yup!! Kita hanya perlu mengeluarkan biaya untuk koneksi internet dan kita pun bisa mencari berita tentang, misalnya, bayi terbang, atau kucing bertelur, he..he..he.. Semua itu bisa kita cari dengan biaya yang cukup murah.

  • Tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh dunia (pasar global)

Ini mungkin manfaat yang paling dahsyat dari internet. Pasar yang mempertemukan orang dari seluruh belahan dunia dan terbuka bagi siapa saja, mungkin ini sebutan yang cocok jika kita sering berjualan via internet. Selain itu, banyak orang sukses yang berawal dari membangun bisnis mereka melalui internet.

  • Media promosi yang paling efektif saat ini

Coba bandingkan dengan radio atau televisi atau bahkan surat kabar jika perlu, yang butuh waktu lama untuk menjadi populer seperti sekarang. Internet mampu menjadi populer  dalam waktu yang sangat cepat. Itu berarti bahwa internet mampu menjangkau lebih banyak orang dalam kurun waktu yang singkat. Dengan kata lain ini merupakan sarana promosi yang paling efektif jika kita bermaksud mempromosikan sesuatu.

Sebenarnya masih banyak yang ingin saya bahas mengenai manfaat internet secara umum dan tulisan diatas hanya merupakan garis besar yang bisa berhubungan dengan banyak hal dalam kehidupan kita sehari-hari. Masih banyak manfaat internet secara umum lainnya yang apabila kita gunakan dengan benar, maka buka mustahil akan mendatangkan kebaikan dan keberkahan bagi kita semua. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.