Manfaat Internet Di Bidang Sosial

Berbagai Manfaat Internet Di Bidang Sosial Dijelaskan Pada Artikel Ini. Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini memberikan dampak yang luar biasa pada kehidupan kita sehari-hari. Cara-cara konvensional yang kita lakukan seperti berkomunikasi dan melakukan transaksi bisnis kini mulai beralih ke metode yang lebih modern.

Dengan kehadiran teknologi internet, semua hal tersebut dapat dilakukan tanpa interaksi secara langsung. Jika begitu, apakah hakikat manusia sebagai makhluk sosial akan hilang dan semakin terkikis oleh perkembangan teknologi? Tentu itu tergantung kepada individu2 yang menggunakan media internet untuk keperluan diatas. Tetapi pada dasarnya teknologi diciptakan dan dikembangkan untuk membantu mempermudah kehidupan manusia. Begitupun dengan teknologi internet, dia hadir dengan banyak manfaat yang bisa kita pergunakan untuk membantu kegiatan kita sehari-hari sebagai makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi satu sama lain.

Manfaat internet di bidang sosial

Berikut beberapa manfaat internet di bidang sosial :

Ajang diskusi dengan sesama pengguna internet

Banyaknya pengguna internet di seluruh dunia memungkinkan kita bertemu dengan orang-orang baru dan karakteristik orang yang baru pula. Biasanya percakapan dengan banyak orang bisa dilakukan melalui grup diskusi dengan cara berlangganan. Seringkali banyak ide baru muncul dari percakapan diantara anggotanya melalui grup diskusi seperti ini.

Sebagai alat pengirim pesan yang murah dan efisien

Setiap orang yang pernah berinteraksi atau menggunakan internet, pasti memiliki alamat surat elektronik (e-mail). Bahkan tidak sedikit yang memiliki dua atau lebih alamat e-mail untuk kepentingan yang berbeda. Fasilitas ini sangat berguna sebagai alat bertukar berita, pesan, dokumen, atau yang lainnya dengan biaya yang murah dan efisien. Kita pun tidak perlu kertas, tinta, dan perangko untuk berkirim surat saat ini.

Ajang silaturahmi sesama teman

Ketika situs facebook muncul untuk pertama kali, keberadaannya sungguh fenomenal. Padahal facebook bukan merupakan situs jejaring sosial pertama yang ada di internet. Mengapa bisa demikian? Ini karena facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita untuk bertemu dengan teman2 lama hanya dengan mencantumkan latar belakang seperti asal sekolah, daerah, dan lain2. Orang yang memiliki latar belakang sekolah yang sama dengan kita pun akan segera dimunculkan oleh situs ini, sebagai pemberitahuan apakah kita mengenal orang tersebut. Banyak dari penggunanya merasa terbantu karena bisa bertemu dengan kawan lama setelah bertahun2 lamanya melalui situs jejaring sosial ini. Hal ini menunjukkan bahwa internet bisa menjadi ajang silaturahmi antara penggunanya.

Sebagai sumber berita dan informasi

Selain televisi dan radio, saat ini internet pun memiliki peran yang sangat besar dalam menyampaikan suatu peristiwa dan kejadian. Berita seputar kejadian di berbagai belahan dunia dapat kita saksikan melalui media internet yang tentu saja akan menambah wawasan kita mengenai peristiwa yang sedang marak terjadi di belahan bumi lain.

Segala fitur dan fasilitas yang terdapat dalam media internet tentu saja harus diimbangi dengan penggunaannya secara positif agar menghasilkan nilai yang berguna di dalam kehidupan kita, dan membuat manfaat internet di bidang sosial akan semakin terasa di tengah2 masyarakat kita.