Manfaat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

Sirsak merupakan tanaman yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain rasa buahnya yang terkenal lezat, ternyata  juga banyak manfaat daun sirsak untuk kecantikan dan pengobatan. Manfaat tanaman sirsak memang sangat beragam. Tanaman sirsak menawarkan berbagai manfaat positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buah, daun, dan bahkan pohonnya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Daun sirsak bisa digunakan untuk bahan jamu, dan juga untuk menjaga kondisi tubuh. Segala macam manfaat yang terkandung dalam sirsak ini berasal dari senyawa muricapentocin, annomuricin , asam linoleat, anomurine, acetogenins, annocatacin, annonacin, caclourine, asam gentisic, gigantetronin, annohexocin, acetogenins, annocatalin, anonol. Kandungan yang terdapat  di dalam sirsak ini memberikan banyak manfaat bagi tubuh, selain bisa menyembuhkan penyakit juga sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai penambah sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

Sirsak, yang berasal dari daerah Karibia tengah, Amerika selatan, pertama kali dikenal oleh bangsa Indonesia pada zaman pemerintahan kolonial Belanda. Saat itu bangsa Belanda yang sedang membentuk pemerintahan kolonial di Indonesia mulai membudidayakan tanaman ini, yang memang dapat tumbuh dengan mudah di daerah dengan iklim tropis. Mulai saat itu pemanfaatan tanaman sirsak pun digunakan bukan hanya buahnya yang bercita rasa lezat saja, tetapi juga daun dan pohonnya dimanfaatkan untuk berbagai macam bahan untuk kesehatan dan kecantikan.

Penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit berbahaya seperti menghambat penyebaran sel kanker, meregenerasi sel mati dan menyembuhkan asam urat.

Sedangkan manfaat daun sirsak untuk kecantikan diantaranya adalah:

  • Mengatasi sembelit – Air rebusan daun sirsak dapat menyembuhkan sembelit dan masalah yang timbul akibat pencernaan yang tidak lancar. Dengan menjaga pencernaan tetap lancar maka tubuh pun akan lebih segar karena zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh segera tebuang melalui pencernaan
  • Menghilangkan jerawat, Menyamarkan flek-flek hitam di wajah, Menghilangkan komedo – Untuk penggunaannya, cukup tumbuk daun sirsak sebanyak kurang lebih 6 lembar daun sirsak dan campurkan dengan air mawar setelah itu oleskan di sekitar wajah secukupnya sebagai masker untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah.
  • Mengencangkan kulit wajah – Selain bisa dijadikan masker untuk wajah, daun sirsak juga bisa direbus dan langsung diminum air rebusannya, air rebusan daun sirsak dipercaya dapat mengencangkan kulit wajah dan membuat wajah terlihat lebih segar.

Demikian artikel mengenai manfaat daun sirsak untuk kecantikan semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi pembaca sekaligus dapat mencobanya di rumah.