Manfaat dan Cara Pengolahan Madu Untuk Wajah

Bagaimana cara pengolahan madu untuk perawatan wajah? Di dalam unsur masker madu terdapat begitu banyak manfaatnya salah satunya yaitu manfaat madu untuk wajah. Bahkan madu juga sering dijadikan metode pengobatan alternatif.

Sejak pada jaman dulu, madu sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat cream perawatan kulit, terutama kulit wajah. Selain dapat membuat kulit terasa lembut, madu juga sangat kaya akan virtamin, mineral, antioksidan dan potasium yang sangat bermanfaat untuk di jadikan penyegar, pelembab dan bahkan dipakai untuk masker wajah.

manfaat madu untuk wajah

Nah,,, jika anda ingin mengetahui lagi lebih dalam tentang manfaat madu untuk wajah, anda dapat menyimak informasinya berikut ini.

• Madu Dapat Dijadikan Pembersih Kulit Wajah

Di dalam mengaplikasikan madu untuk dijadikan pembersih wajah atau masker, ada beberapa bahan yang harus anda siapkan, yaitu :

Bahan-bahan :

1. Madu murni, 1 sendok makan
2. Putih telur, 1 butir
3. Gliserin, 1 sendok teh ( dapat anda peroleh di apotek )
4. Tepung terigu, 1 sendok teh

Cara pembuatan dan pemakaiannya :

Pertama-tama kita campurkan semua bahan jadi satu, lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Kemudian oleskan pada kulit wajah anda dan leher anda sampai merata, lalu diamkan selama ±10 menit. Selanjutnya bersihkan dengan air hangat lalu bersihkan kembali dengan air dingin agar pori-pori yang membesar karena air hangat dapat kembali mengecil. Wajahpun akan kembali segar dan kencang.

Baca juga Cara membuat masker putih telur

• Madu Dapat Dijadikan Penyegar Kulit Wajah

Bagi anda yang ingin memanfaatkan madu untuk dijadikan penyegar kulit wajah anda, tidak ada salahnya jika anda mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini. Untuk mencobanya, anda siapkan beberapa bahan yang diperlukan seperti berikut ini :

Bahan-bahan :

1. Madu murni, 1 sendok teh
2. Air lemon, 1 sendok makan
3. Putih telur, 2 butir

Cara pembuatan (masker madu) dan pemakaiannya :

Pertama-tama kita campurkan semua bahan yang telah di sediakan, lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Kemudian oleskan cream yang telah dibuat tadi pada keseluruh kulit wajah dan leher, lalu setelah itu anda diamkan selama ±15 menit. Selanjutnya bersihkan dengan menggunakan air hangat dan bersihkan kembali dengan air dingin agar pori-pori kembali mengecil, lalu keringkan dengan handuk sambil ditepuk-tepuk perlahan. Cara ini sangat cocok bagi yang memiliki kulit normal cenderung berminyak.

• Madu Dapat Dijadikan Sebagai Pelembab Kulit Wajah

Manfaat madu juga dapat kita jadikan sebagai pelembab kulit wajah dan sangat cocok dipakai oleh mereka yang memiliki kuli wajah kering. Berikut ini bahan-bahannya yang harus di sediakan dalam pembuatan pelembab wajah dari madu.

Bahan-bahan :

1. Madu murni, 2 sendok makan
2. Susu, 2 sendok makan

Cara pembuatan dan pemakainnya :

Campurkan madu dan susu jadi satu, lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Kemudian anda oleskan pada seluruh kulit wajah dan leher, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air hangat dan dilanjutkan denganair dingin. Lakukan secara rutin untuk mengatasi kulit kering. Cream ini juga dapat anda manfaatkan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dengan cara mengoleskannya pada bibir anda.

• Madu Dapat Dijadikan Sebagai Scrub Pada Wajah

Madu juga dapat anda jadikan scrub yang bermanfat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah anda dan sekaligus memberikan nutrisi yan dapat menjaga kelembaban kulit wajah. Cara pembuatannya pun cukup mudah dan berikut bahan-bahannya :

Bahan-bahan :

1. Kaolin, 1 sendok teh ( sejenis mineral alami, dapat diperoleh di toko kimia )
2. Tepung biji gandum, 1 sendok teh
3. Tepung kayu manis, 1 jumput
4. Madu murni, 1 sendok makan

Cara pembuatan dan pemakaiannya :

Campurkan semua bahan jadi satu, aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Kemudian anda oleskan keseluruh kulit wajah dan leher, lalu gosok perlahan dengan gerakan melingkar. Setelah itu bersihkan dengan air hangat dan terakhir bersihkan kembali dengan air dingin.

Demikianlah manfaat madu untuk wajah yang dijadikan masker madu untuk wajah, semoga artikel perawatan kulit wajah ini dapat bermanfaat untuk anda.

Sedikit tips yang perlu untuk diperhatikan yaitu gunakanlah madu asli/murni tanpa campuran apapun, karena hal ini penting agar hasilnya optimal tentunya untuk mendapatkan cantik maksimum 😀