Jenis Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang

Tahukah anda, makanan apa saja yang dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama? Pada saat anda ingin mencoba untuk menurunkan berat badan, pastinya anda melakukan berbagai upaya yang salah satunya yaitu dengan cara mengurangi porsi makan anda. Tetapi dengan cara mengurangi porsi makan, biasanya anda akan mudah merasa lapar dan pada akhirnya anda akan kembali makan.

Apabila sudah terjadi hal seperti itu, maka usaha yang anda lakukan akan gagal dan bahkan dapat meningkatkan berat badan anda.

Pada dasarnya semua prinsipnya hampir sama, jika jumlah dari porsi makan anda semakin banyak, maka semakin tinggi pula resiko berat badan anda akan meningkat. Pastinya hal ini dapat berdampak buruk bagi usaha anda dalam menurunkan berat badan bukan?

kenyang

Nah, solusi yang dapat anda lakukan yaitu dengan memilih dengan cerma jenis makanan yang akan anda konsumsi. Pilihlah beberapa jenis makanan yang walaupun hanya dikonsumsi dalam jumlah porsi sedikit, tetapi anda akan merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Tahukah anda, jenis makanan apa saja itu? Langsung saja kita simak informasi selengkapnya berikut ini.

5 Jenis Makanan yang Membuat Anda Cepat Kenyang

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang dapat bersifat mengenyangkan lebih lama, diantaranya yaitu :

  1. Buah Apel

aple membuat anda cepat kenyang

Anda dapat mengkonsumsi buah apel antara 30 menit sebelum makan, kandunganserat dan juga airnya dapat membuat anda mudah merasa kenyang dan akan dapat bertahan cukup lama. Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa para ahli menunjukan jika dengan mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat m,enurunkan resiko terkena kanker, serangan jantung, asma, diabetes dan juga penyempitan pembuluh darah. Selainitu, buah apel juga memiliki kandungan zat fitokimia seperti chlorogenic acid, phloridzin, catechin dan juga quercetin. Beberapa zat tersebut dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat kuat dan antioksidan ini dapat mencegah tanda penuaan dini.

Jadi, pada kseimpulannya yaitu jika mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat mencegah penuaan dini dan bahkan dapat mencegah pembentukan sel kanker.

  1. Alpukat

Alpukat Makanan cepat kenyang

Mengkonsumsi saparuh alpukat pada saat makan siang dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama. Selain dapat bersifat mengenyangkan, ternyata alpukat juga memiliki kandungan kolesterol baik (HDL) yang baik untuk tubuh.

Selainitu, kolesterol baik (HDL) sangat efektif dalam menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan juga kadar trigliserida biasanya sering kali terjadi pembentukan plak pada dinding yang ada di dalam pembuluh darah yang dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Tetapi dengan kita rutin mengkonsumsi alpukat sertidaknya 3 kali dalam seminggu dapat mencegah beberapa jenis penyakit seperti penyakit jantung dan juga stroke.

  1. Cokelat hitam (Dark Chocolate)

Coklat hitam membuat cepat kenyang

Apabila anda sedang ingin mengkonsumi makanan manis, anda dapat memilih dark chocolate. Jenis cokelat ini berbeda dengan jenis cokelat lainnya yang biasa kita jumpai. Dark chocolate ini memiliki bahan campuran susu dan lebih terasa rasa cokelatnya dan agak pahit.

Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan jika cokelat ini mampu menstabilkan tekanan darah, membantu menjaga kesehatan organ jantung dan juga otak. Sedangkandari hasilpenelitianterbaru yang telah dilakukan oleh beberapa para ahli mengungkapkan bahwa mengkonsumsi cokelat hitam dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan jantung hingga mencapai sepertiganya.

Tahukah anda, kenapa cokelat hitam lebih spesial dibandingkan dengan jenis cokelat pada umumnya?

Cokelathitam memiliki kandungan antioksidan flavanoids yang diyakini sangat berkhasiat untuk tubuh seperti menghentikan inflamasi, penyakit jantung, membantu menurunkan gumpalan darah, menstabilkan tekanan darah dan juga kadar gula dalam darah.

  1. Telur

Telur makanan cepat kenyang

Mengkonsumsi telur pada saat sarapan pagi dapat menjaga tubuh anda tetap berenergi dan dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama, ini dikarenakan telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang merupakan menjadi salah satu sumber protein. Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan di University of Missouri menjelaskan bahwa menkonsumsi makanan yang kaya protein pada saat sarapan pagi setidaknya 30-39 gram protein yang terdapat dalam telur dan sosis dapat membuat anda merasa kenyang hingga tiba waktu makan siang.

Pada setiap satu butir kuning telur memiliki 25% choline yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Untuk orang dewasa membutuhkan setidaknya 425 gram choline setiap harinya, sedangkan pada anak-anak dan juga balita membutuhkan nutrisi choline sekitar 250 gram per harinya. Pada hasil penelitian mengungkapkan bahwa tubuh yang terpenuhi nutrisi choline dapat terhindar dari resiko terkena kanker payudara.

Pastikan juga anda mengkonsumsi telur dengan baik, karena apabila telur dikonsumsi dalam keadaaan mentah justru dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan lainnya.

  1. Kacang-kacangan

kacang-kacangan makanan cepat kenyang

Mengkonsumsi kacang-kacangan dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Menurut dari beberapa hasil penelitian yang telah di publikasikan oleh The British Journal of Nutrition Study menjelaskan bahwa beberapa orang wanita yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih (obesitas) akan merasa kenyang lebih lama jika mengkonsumsi kacang ataupun jenis produk kacang yang salah satu diantaranya yaitu Peanut Butter pada saat sarapan paginya, bahkan dapat bertahan hingga 12 jam tanpa makan.

Kacang ini memang sudah terbukti dapat menahan rasa lapar lebih lama, ini dikarenkan kacang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang lebih banyak, tinggi protein dan juga serat. Dari hasil kombimasi tersebut dapat memperlambat proses pencernaan dan juga dapatmembantu untuk manstabilkan kadar gula dalam darah apabila dikonsumsi bersama  dengan buah-buahan atau nasi merah.

Nah, itulah bebeapa jenis makanan yang dapat membuat anda cepat kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.