10 Gurun Terindah di Dunia

Daftar 10 gurun terindah di dunia. Gurun, padang pasir, atau padang gurun dalam istilah geografi adalah suatu tempat atau daerah dengan curah hujan yang sedikit – tidak lebih dari 250 mm per tahun. Walupun dengan curah hujan yang sedikit, gurun memiliki kempampuan kecil untuk mendukung adanya kehidupan. Gurun memiliki kehidupan yang tersembunyi pada umumnya dimana makhluk yang hidup beraktifitas di malam hari untuk mempertahankan cairan tubuhnya. Wilayah bumi ini berbentuk gurun kurang lebih sepertiga bagian bumi.

Ciri-ciri umum bentang gurun yaitu sebagian besar permukaannya terdiri dari batu karang, bukit pasir, dan permukaan berbatu. Berikut ini adalah daftar 10 gurun terindah di dunia.

Gurun Paling Indah di Dunia untuk Dikunjungi

Gurun Atacama, Chili
Foto Gurun Atacama, Chili
Gurun Atacama, dengan luas total 105.000 km persegi (40.541 sq mi), membentang 1000km (600mi) dari Peru selatan ke Chile utara. Dikatakan tempat terkering di Bumi, di gurun ini hampir tidak ada hujan sama sekali. Bahkan, bagian-bagian tertentu dari gurun mungkin tidak mengalami curah hujan selama ratusan tahun. Sebagai akibat dari kondisi yang keras, khususnya di bawah Gurun Atacama, tanaman dan hewan hidup hampir tidak ada.

Death Valley, Amerika
Foto Gurun Death Valley, USA
Death Valley adalah sebuah lembah padang pasir yang terletak di Gurun Mojave. Daerah ini bernama Aptly  karena kondisinya yang keras, tempat ini adalah tempat terpanas, terkering dan terendah di Amerika Serikat. Titik terendah adalah 282ft (82m) di bawah permukaan laut, dan suhu tertinggi yang pernah tercatat adalah 56,7 derajat Celcius pada tahun 1913.

Gurun Gobi, Mongolia – China
Foto Gurun Gobi, Mongolia - China
Gurun Gobi meliputi bagian-bagian dari Cina Utara dan Selatan Mongolia, dengan luas total 1,29 juta kilometer persegi (0,5 juta mil persegi). Sebuah gurun dingin, Gobi memiliki salah satu iklim yang paling ekstrem di dunia, menampilkan perubahan suhu yang cepat, baik musiman dan harian. Musim panas membawa suhu hingga 122 ° F (50 ° C) sementara di musim dingin, suhu bisa turun ke bawah -40 ° F (-40 ° C). Curah hujan terbatas sekitar tujuh inci per tahun

Gurun Mojave, Amerika Serikat
Foto Gurun Mojave, Amerika Serikat
The Mojave adalah padang pasir gersang, mencakup 124.000 km persegi (47.877 sq mi). Terletak di California, juga menempati bagian Arizona, Utah dan Nevada. Penduduk pribumi utama kawasan tersebut adalah Mojave, meskipun ada juga penduduk lainnya yaitu Paiutes dan Chemehueves. Saat ini, sebagian dari Gurun Mojave jarang penduduknya, meskipun terletak di antara dua kota wisata yang paling populer dan konvensional di dunia yaitu Los Angeles dan Las Vegas.

Gurun Namib, Namibia Angola
Gambar Gurun Namib, Namibia Angola
Seluas 81.000 km persegi (31.274 sq mi), Namib adalah gurun pesisir, terletak di sepanjang pantai barat daya benua Afrika. Peregangan lebih dari 2000km (1200mi), Namib salib Angola, Namibia dan Afrika Selatan. Ditandai dengan bukit pasir merah, yang dapat mencapai ketinggian hingga 1200ft (365m) atau lebih, Gurun Namib dianggap sangat tua, bahkan oleh standar geologi.

Gurun Sahara, Afrika Utara
Gambar Gurun Sahara, Afrika Utara
Sahara adalah gurun yang panas dan merupakan gurun terbesar di dunia, mencakup lebih dari 3,6 juta mil persegi dan berjalan melalui beberapa negara di Afrika Utara, termasuk Mesir, Maroko, Niger, Chad, Mauritania, Sahara Barat, Sudan, Mali, Aljazair dan Tunisia, menjadikannya gurun terluas di dunia. Nama itu, ‘Sahara’, berasal dari kata Arab untuk ‘padang gurun’. Suhu terpanas yang pernah tercatat di Gurun Sahara – sebuah suhu yang menakjubkan yaitu 58 derajat Celcius. Sebagian besar Sahara adalah hamparan pasir, meskipun beberapa pegunungan dan padang rumput juga ada, meskipun sangat jarang.

Salar de Uyuni, Bolivia
Gambar Gurun Salar de Uyuni, Bolivia
Salar de Uyuni adalah dunia dataran garam terbesar di dunia, mencakup 10.582 km2 (4086 m2) di barat daya Bolivia. Salar de Uyuni merupakan bentang alam yang luar biasa, tidak seperti gurun lainnya, menampilkan hamparan luas berkilauan garam putih. Di bawah garam disemen adalah waduk besar air garam yang kaya akan lithium. Bahkan, daerah ini adalah rumah bagi 70% dari cadangan lithium dunia.

Gurun Taklamakan, Cina
Gambar Gurun Taklamakan, Cina
The Taklamaklan Desert, juga dikenal sebagai “Tempat Reruntuhan” atau “Sea of Death”, merupakan padang pasir terbesar di Cina, denga panjang lebih dari 1000km (620mi) dan lebar 400 km (250mi). Fatamorgana antara Tien Shan dan pegunungan Kunlun, padang gurun adalah perangkap kematian. Legenda menyatakan bahwa Anda dapat masuk ke ke Taklamakan, tetapi Anda tidak akan pernah keluar.

Gurun Thar, India Pakistan
Gambar Gurun Thar, India Pakistan
Gurun Thar, juga disebut Gurun India yang besar, mencakup lebih dari 77.000 mil persegi (200.000 kilometer persegi) dan membentuk perbatasan alami antara India dan Pakistan. Ini adalah daerah gersang yang sangat luas, dengan pemandangan didominasi oleh bukit pasir yang bervariasi dalam ukuran dari 52 kaki (16 meter) di Utara ke 498 kaki (152m) di selatan. Usia gurun Thar merupakan topik kontroversi besar, meskipun sebagian ahli geologi setuju bahwa itu adalah suatu tempat di wilayah berusia 4000-10,000 tahun.

Gurun Wadi Rum, Jordan
Gurun Wadi Rum, Jordan
Wadi Rum terdiri dari 278 mil persegi (720 kilometer persegi) dari padang gurun. Biasa disebut ‘The Valley of the Moon’, Wadi Rum mengacu pada lembah di Yordania selatan yang memotong granit berwarna-warni dan pegunungan batu pasir. Lembah pasir bervariasi dalam warna dari cahaya menjadi merah bata. Medan Lembah juga berbeda di seluruh daerah, sebagian datar dan lebar atau dalam, dan celah-celah sempit di antara formasi batuan.

Itulah padang gurun diataranya terdapat gurun pasir yang memiliki pemandangan padang gurun terindah di dunia.