Fakta Unik Tentang Kentut

Fakta unik dan menarik tentang kentut. Pastinya kita semua sering mengalami kentut, walaupun terkadang jika kita kentut dapat membuat kita merasa malu jika kentut kita terdengar atau tercium orang lain. Namun apakah anda tahu, kenapa kita bisa kentut dan kenapa kentut bisa bau? Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini akan saya jelaskan mengenai fakta menarik tentan kentut. Simak informasinya langsung berikut ini.

Fakta unik Kentut

Berikut ini merupakan beberapa fakta tentang kentut, diantaranya yaitu :

  1. Tahukah anda, apa itu kentut?

Kentut merupakan hasil dari proses metabolisme di dalam pencernaan, kentut ini dapat disebabkan oleh karena adanya udara yang masuk dan terperangkap dalam saluran usus. Udara tersebut dapat masuk pada saat kita sedang makan, minum ataupun menguap. Kentut yang normal memiliki beberapa kandungan seperti oksigen, metane, karbondioksida, hydrogen dan juga nitrogen.

Kentut memiliki kandungan hydrogen sulfide dan juga mercaptans yang memiliki kandungan sulfur hanya sekitar 1% saja, namun kandungan sulfur tersebut dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap pada kentut.

  1. Kenapa kentut memiliki aroma bau yang tidak sedap

Jika kita sering mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan sulfur, maka sudah dapat dipastikan jika kentut yang dikeluarkan akan bau.

Lalu, makanan apa saja yang memiliki kandungan sulfur? Konsumsi beberapa jenis makanan dapat membuat kentut kita menjadi bau dan makanan tersebut terdiri dari telur, kubis, keju, kacang-kacangan dan minuman bersoda.

Terus, kenapa kentut bisa mengeluarkan suara?

Hal ini dikarenakan adanya getaran pada saat keluar melewati rektum, namun kerasnya suara yang dihasilkan tergantung pada seberapa besar tekanan gas yang dihasilkan dan juga tergantung pada otot yang bernama spinchter ani.

  1. Jumlah kentut yang normal itu berapa kali dalam sehari?

Kentut yang normal dapat dilakukan atau dikeluarkan sebanyak 10-15 kali dalam sehari, jumlah tersebut sama hal nya pada pria atau wanita.

  1. Apakah menahan kentut berbahaya bagi kesehatan?

Menahan kentut dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan dan dapat menyebabkan perut kembung, nyeri dan juga gangguan pencernaan lainnya. walaupun kentut ini merupakan sebuah proses yang terjadi secara alami, namun sebaiknya jangan menahan kentut jika memungkinkan atau pergi ke toilet untuk buang gas.

  1. Seseorang yang sudah meninggal dapat mengeluarkan kentut

pada saat setelah 3 jam seseorang meninggal dunia, gas yang berkumpul di dalam tubuh akan dapat keluar dengan sendirinya yang terdapat pada saluran pencernaan. Itulah mengapa orang yang sudah meninggal akan kentut dan terkadang bersendawa, karena adanya proses kontraksi otot sebelum mayat tersebut mengalami kekakuan.

Nah, itulah beberapa fakta unik dan menarik tentang kentut. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan dan sampai jumpa lagi pada postingan menarik dan bermanfaat selanjutnya.