Ketahui Ciri Ciri Demam Berdarah dan Cara Mengobatinya

Memasuki musim penghujan harus ekstra hati-hati nich !!! karena banyak ancaman wabah penyakit mengintai anda dan keluarga, salah satunya demam berdarah. Ciri-ciri deman berdarah dongue (DBD) memang harus anda ketahui sejak dini terlebih jika memasuki musim penghujan. Deman berdarah merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang bernama Aedes Aegypti, sehingga si pasien mengalami demam yang cukup tinggi. jika hal ini dibiarkan tanpa mendapatkan penanganan yang medis hal ini dapat mengancam keselamatan nyawa.

ciri ciri Demam Berdarah

image source : malesbanget.com

Oleh karena itu jagalah selalu kebersihan lingkungan terlebih tempat yang sering dijadikan sarang nyamuk seperti mengubur barang bekas, menutup pemampungan air, menguras bak mandi dll. Pada umumnya pasien yang berinfeksi demam berdarah dapat menimbulkan gejala-gejala yang dapat terjadi setelah melewati masa inkubasi mulai dari 3 sampai 5 hari. Nah untuk lebih jelasnya simak langsung yukkk pembahasan berikut mengenai ciri-ciri demam berdarah, diantaranya sebagau berikut :

Ciri-ciri demam berdarah cekidot ….
1. Pasien yang terjangkit gigitan nyamuk biasanya suhu badannya akan meningkat secara tiba-tiba sampai mencapai 38 sampai 40 derajat selcius. Kondisi ini biasanya akan b sampai mencapai 38 sampai 40 derajat selcius. Kondisi ini biasanya akan berlangsung selama 2 samapi 7 hari dan biasanya akan disertai dengan tanda bintik-bintik merah pada tubuhnya.

2. Kiondisi diatas biasanya tidak kurun sembuh walaupun telah diberi obat penurun panas, suhu tubuh tersebut akan mengalami naik turun ataupun tida akan mengalami penurunan sama sekali sepanjang hari.

3. Pada pasien akan mengalami gejala menggigil yang disertai dengan menurunnya nafsu makan dan minum.

4. Penderita juga akan mengalami rasa mual, muntah-muntah dan sakit kepala.

5. Nafas yang tidak teratur dan sering mengalami sesak nafas, hal ini perlu mendapatkan pemberian oksigen untuk membantu meringankan pernafasan.

6. Akan mengalami rasa sakit pada bola mata ketika menggerakannya dan menderita sakit atau nyeri pada punggung.

7. Tubuh terasa lemas sekaligus disertai rasa nyeri dan pegal-pegal pada bagian persendian (kaki adan tangan).

8. Timbul bintik bintik kemerahan di area kulit wajah sekaligus disertai rasa panas.

9. Mengalami penurunan trombosit hingga mencapai dibawah 100.000 / mm³, serta dapat mengalami peningkatan pada hematocrit sampai mencapai 20 %. Kondisi ini dapat diketahui dengan melakukan tes darah dilaboratorium, karena kondisi ini dapat ditandai dengan buang air besar berwarna hitam dan sangat keras. Nah jika kondisi atau gejala ini tidak kunjung sembuh dalam 3 hari meskipun mengkonsumsi obat bpenurun panas. Oleh karena itu, lakukan segera pemeriksaan dengan tes darah laboratorium.

Nah untuk mencegah terjadinya penurunan trombosit pada pasien demam berdarah maka sebaiknya dilakukan pertolongan pertama, diantaranya sebagai berikut :

– Perbanyak konsumsi minum air putih ataupun minum oralite hal ini bertujuan agar tidak terjadi dehidrasi atau untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

– Pengompresan dilakukan dengan tujuan untuk membantu menurunkan panas. Cara pengompresan dapat dilakukan dengan mencelupkan kain atau handuk bersih kedalam air dingin dan peras, lalu tempelkan pada kepala. Lakukan cara ini secara berulang jika dirasa handuk sudah tidak dingin lagi.

– Konsumis asupan makanan yang dapat meningkatkan trombosit seperti jambu merah. Karena konsumsi makanan tersebut dapat menormalkan tombosit yang turun dan mempercepat masa penyembuhan pasien yang terinfeksi deman berdarah.

– Walaupun nafsu makan menurun tetapi sangat diusahakan agar pasien mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan jumlah yang cukup banyak.

Apabila dalam jangka 3 hari pasien setelah diberikan pertolongan pertama tidak mengalami perubahan, sebaiknya langsung di bawa kerumah sakit terdekat untuk mencegah hal yang tidak diingin dan mendapatkan perawatan secara lebih lanjut.