Cara Berhenti Merokok

Sudah siapkah anda untuk berhenti merokok? Ikuti tips dalam cara berhenti merokok. Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak orang di dunia ini, terutama oleh para kaum pria. Tetapi tahukan anda jika kebiasaan merokok tersebut ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda di kemudian hari.

Bagi anda yang ingin berhenti merokok, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan tips cara berhenti merokok. Untuk lebih jelasnya, simak informasi lengkapnya dibawah berikut ini.

Cara Berhenti Berokok

Langkah Cara Berhenti Berokok

• Tetapkan kapan anda akan mulai berhenti merokok

Sebaiknya tetapkan terlebih dahulu kapan anda akan berhenti untuk melakukan kebiasaan meroko, jika memungkinkan ajak juga teman-teman anda agar anda semakin bersemangat untuk berhenti. Janganlah anda menentukan waktu terlalu jauh, Karena kemungkinan anda nantinya akan menunda-nuda dan bahkan lupa.

• Ubah kebiasaan anda merokok

Letakkan rokok anda ditempat yang berbeda dari sebelumnya, lalu merokoklah dengan menggunakan tangan yang berbeda dari biasanya dan pikirkanlah apa yang anda rasakan pada saat anda sedang merokok.

• Tahan keinginan anda merokok beberapa menit

Jika anda sedang ingin merokok, maka tahan beberapa menit dan cara aktivitas lain yang akan dapat melupakan keinginan anda untuk merokok.

• Beli rokok yang tidak anda sukai

Ganti jenis rokok yang biasa anda beli dengan jenis rokok yang tidak anda sukai.

Setelah anda melakukan beberapa tips diatas, selanjutnya anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Pada hari disaat anda akan mulai berhenti merokok

• Buanglah atau jauhkanlah rokok dari hadapan anda dan juga hilangkan asbak dari atas meja dimana anda biasa merokok.

• Rubah rutinitas anda pada pagi hari, jika biasanya anda merokok sambil menikmati secangkir kopi, sebaiknya anda rubah dengan minum air putih dan lakukan aktivitas olahraga. Buatlah diri anda sesibuk mungkin untuk mengalihkan perasaan anda dalam keinginan merokok.

• Selalu siapkan didalam saku anda untuk pengganti rokok seperti permen, cokelat atau cemilan lain yang anda sukai.

• Kabarkan berita kepada anggota keluarga, teman dan orang-orang terdekat jika anda sudah berhenti merokok, sehinga mereka dapat memberikan dukungan kepada anda.

Tetap konsisten untuk berhenti merokok

• Konsekuensi mungkin akan terjadi pada diri anda pada saat anda sedang berusaha untuk berhenti merokok seperti perasaan gelisa, mudah marah, nafsu makan yang meningkat, badan terasa tidak enak, sulit untuk berkonsentrasi dan keinginan untuk kembali merokok pasti akan sangat besar. Disinilah perjuangan yang akan anda hadapi, tetapi semua perasaan itu akan berkurang dan hilang dengan sendirinya.

• Cobalah untuk melakukan aktivitas olahraga secara rutin dan teratur setiap hari, anda dapat mencoba olahraga seperti berjalan kaki, lari pagi, bersepeda, berenang dan jenis olahraga lainnya.

• Selalu memikirkan hal-hal positif mengenai diri anda jika sudah berhenti merokok.

• Jika anda sedang mengalami perasaan tegang atau gelisah, sebaiknya anda mencari kesibukan atau kegiatan positif seperti bersih-bersih rumah, kebun dan kegiatan lainyang dapat mengalihkan keinginan anda untuk merokok.

• Makanlah dengan porsi yang cukup dan teratur, karena kemungkinan anda akan merasa selalu ingin makan dan ngemil.

• Walaupun anda sudah berhenti merokok, masukanlah uang yang biasanya untuk membeli rokok kedalam celengan atau tabungan anda. Maka dalam jangka waktu yang cukup lama anda akan merasa terkejut dengan jumlah uang yang telah anda kumpulkan. Setelah anda mengetahuinya, maka anda akan merasa sayang untuk membeli sebungkus rokok dan anda akan total berhenti merokok.

Nah, itulah beberapa tips dalam cara berhenti merokok. Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk anda dan dapat menginspirasikan bagi para perokok untuk mencoba meninggalkan kebiasaan buruk yang dapat memicu berbagai jenis penyakit dan bahkan kematian di kemudian hari. Selamat mencoba dan semoga berhasil…